Libur Akhir Tahun Mau 'Disunat', Ekonomi RI Bakal Sekarat?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
24 November 2020 12:13
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Timur, Kamis, 30/7. Pemerintah tidak melarang mudik pada periode hari raya Idul Adha tahun ini. Terminal Kampung Rambutan pun mulai dipadati warga yang akan pulang ke kampung. Momen mudik Idul Adha 2020 berlangsung setelah pemerintah menghapus kewajiban melampirkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Kendati begitu, penyedia jasa bus AKAP tetap tak mau gegabah dan tetap memprioritaskan kesehatan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan sejumlah antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H. Antisipasi dilakukan mengingat perayaan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat (31/7/2020), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan (long weekend). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Untuk mengobati luka itu, pemerintah menggeser libur panjang Ramadan-Idul Fitri ke akhir tahun, berdempetan dengan liburan Hari Natal-Tahun Baru. Akhir tahun ini, silakan melepas rindu yang tertahan selama berbulan-bulan. Silakan mudik, silakan bersilaturahmi dengan keluarga dan kolega di kampung halaman.

Akan tetapi, ada perkembangan terbaru. Ternyata penyebaran virus corona akhir-akhir ini bukannya melambat tetapi malah semakin cepat.

Per 23 November 2020, Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah pasien positif corona mencapai 502.110 orang. Bertambah 4.442 orang (0,89%) dibandingkan hari sebelumnya.


Dalam 14 hari terakhir (10-23 November), rata-rata jumlah pasien positif bertambah 4.396 orang per hari. Melonjak dibandingkan 14 hari sebelumnya yaitu 3.403 orang setiap harinya.

Sementara laju pertumbuhan kasus baru dalam 14 hari terakhir adalah 0,94% per hari. Meningkat dibandingkan 14 hari sebelumnya yakni 0,82% per hari.

Pandemi virus corona memang memukul ekonomi. Tidak sekadar memukul, tetapi membuat hancur lebur. Pandemi ini mempengaruhi dua sisi ekonomi sekaligus, produksi dan permintaan.

Namun jangan lupa, pandemi adalah fenomena kesehatan. Apabila aspek kesehatan bermasalah, maka bidang lain harus mengalah dan memberi jalan prioritas untuk penanganan kesehatan.

Libur Panjang Mau Dikurangi?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading