Semangat, 'Hilal' Kebangkitan Ekonomi RI Makin Terlihat!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
15 July 2020 14:07
Bongkar Muat Pelabuhan Sunda Kelapa (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah didera kabar buruk yang bertubi-tubi, akhirnya datang juga berita baik. Ekonomi Indonesia menunjukkan sinyal kebangkitan.

Ya, akhir-akhir ini berita yang beredar memang cenderung membuat telinga panas. Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) yang kembali mengganas, ekonomi Singapura yang jatuh ke jurang resesi, atau perseteruan Amerika Serikat (AS) vs China yang kian sengit menghiasi pemberitaan beberapa hari belakangan ini.

Kalau melihat berita-berita itu, kok rasanya suram. Prospek pemulihan ekonomi sepertinya semakin jauh panggang dari api. Semakin buram, semakin samar-samar.


Namun hari ini datang kabar baik. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan data perdagangan internasional periode Juni 2020 yang hasilnya di luar dugaan.

Pada Juni 2020, nilai ekspor Indonesia adalah US$ 12,03 miliar. Naik 2,28% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY).

Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan ekspor masih terkontraksi (tumbuh negatif) -7,765% YoY. Pertumbuhan positif pada Juni sekaligus memutus rantai kontraksi yang sebelumnya terjadi tiga bulan beruntun.

Sementara impor pada Juni 2020 tercatat US$ 10,76 miliar. Masih terkontraksi -6,36% YoY. Walau terkontraksi, tetapi jauh melandai dibandingkan bulan sebelumnya yang ambles sampai 42,2%.

'Hilal' Kebangkitan Ekonomi Mulai Terlihat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading