Pak Jokowi, Besok Data CAD Diumumkan! Jeblok Lagi Gak Ya?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 November 2019 15:41
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berulang kali mengemukakan kegeraman terhadap sebuah isu di perekonomian Indonesia. Isu tersebut adalah defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD).

Keluhan terakhir Jokowi disampaikan pada akhir Oktober. Jokowi menyoroti impor Indonesia yang dinilainya terlalu besar sehingga membebani neraca perdagangan dan kemudian transaksi berjalan. Misalnya impor produk-produk hasil minyak dan petrokimia.

"Tolong dilihat barang-barang yang masih kita impor ini agar dicarikan industri yang bisa memproduksi ini sehingga substitusi barang-barang impor itu bisa kita lakukan. Termasuk di dalamnya kayak petrokimia, kilang minyak juga saya kira bisa. Tolong ini betul-betul dikawal agar kita bisa segera kejar defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan," tegas Jokowi.





Besok, Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia akan menemukan jawabannya. Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan data Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) periode kuartal III-2019. Salah satu pos di NPI adalah transaksi berjalan.

Apakah kinerja transaksi berjalan kuartal III-2019 membaik? Apakah masih terjadi defisit di kisaran 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB)?


CAD Jadi Hambatan Pembangunan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading