Internasional

Tak Hanya RI, Bank Global Juga Disapu Tsunami PHK

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 January 2019 16:53
Jakarta, CNBC Indonesia - Langkah pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan di industri perbankan dalam negeri tengah ramai dibicarakan. Data Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan (Jarkom SP Perbankan) menyebutkan kurang lebih 50.000 orang menjadi korban PHK.

Ternyata, "tsunami PHK" tersebut tidak hanya melanda Indonesia namun juga berbagai bank global sejak setahun lalu. Bank-bank besar, seperti Deutsche Bank dan Standard Chartered, masuk dalam daftar tersebut.


Alasan pemutusan hubungan kerja itu beragam, mulai dari langkah efisiensi hingga keputusan bank untuk lebih banyak menggunakan teknologi dalam aktivitas bisnisnya.

Berikut adalah beberapa bank berjaringan global yang melakukan PHK terhadap karyawannya sebagaimana dihimpun CNBC Indonesia, Kamis (17/1/2019).



1. Deutsche Bank
Di Mei 2018 lalu, bank terbesar Jerman, Deutsche Bank, mengumumkan rencana memangkas lebih dari 7.000 pekerja untuk memperbaiki kinerja perusahaan setelah mencatatkan kerugian.

Tak Hanya RI, Bank Global Juga Disapu Tsunami PHKChristian Sewing, Chief Executive Deutsche Bank (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Keputusan itu diumumkan Kamis (24/5/2018) beberapa jam sebelum rapat umum pemegang saham tahunan (RUPS) bank dimulai, seperti dikutip dari AFP.

"Kami belum berada di tempat yang seharusnya kami capai. Karena itu, kami harus bertindak dan bertindak dengan cepat dan kuat," ujar Christian Sewing, Chief Executive Deutsche Bank di Frankfurt ketika itu.


NEXT


(prm)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading