Internasional

Beralih ke Digital, Bank Investasi Ini Bakal PHK Karyawan

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
21 September 2018 16:30
Pemangkasan ini akan membuat perusahaan makin efisien.
New York, CNBC Indonesia - Wells Fargo pada hari Kamis (20/9/2018) mengumumkan rencana untuk memangkas 5% sampai 10% tenaga kerjanya. Rencana tersebut bisa berdampak terhadap 26.500 karyawannya saat ini.

Bank asal Amerika Serikat (AS) itu sedang berjuang untuk bangkit kembali dari serangkaian skandal. Perusahaan menyampaikan pemangkasan jumlah tenaga kerja akan membuat perusahaan lebih efisien ketika lebih banyak nasabah bertransaksi menggunakan platform digital.

"Kami melanjutkan perubahan Wells Fargo untuk memberi apa yang nasabah inginkan" yang termasuk "mengubah model bisnis kami guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan dnegan lebih lancar dan efisien," kata Timothy J. Sloan, CEO Wells Fargo, dilansir dari Straits Times.


Dia mengatakan bank itu akan membantu para karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja, termasuk menugaskan mereka ke pos-pos lain di dalam Wells Fargo.

Bank-bank besar sudah menutup kantor cabang mereka di tengah gencarnya transisi ke perbankan online. Di bulan Juli, Wells Fargo yang notabene pemain utama KPR di AS mengatakan pihaknya berencana untuk menutup 300 kantor cabang di tahun 2018. Sebelumnya, perusahaan sudah menutup 52 kantor cabang di empat negara bagian Midwestern.

Dalam kuartal kedua, bank itu mengalami penurunan transaksi teller dan ATM sebanyak 5%. Sementara sesi digital naik 17% dari setahun sebelumnya, kata para eksekutif di bulan Juli.

Wells Fargo juga terhambat oleh serangkaian skandal, terutama ketika perusahaan terungkap membuka jutaan rekening desposito palsu dan jalur kredit tanpa sepengetahuan nasabah di tahun 2016. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari taktik penjualan ritel yang sangat ditekan.

Sejak skandal terkuat, bank telah mengganti direktur eksekutif, merombak sistem pembayaran insentif dan menambahkan karyawan untuk mengawasi berjalannya kepemimpinan perusahaan.

Meskipun begitu, beberapa langkah ini sudah menambah ongkos dan mengurangi marjin laba Wells Fargo jika dibandingkan dengan bank-bank besar lainnya. Bank melaporkan penurunan seluruh pinjaman dan deposito di kuartal kedua.

Menyusul pengumuman tersebut, saham Wells Fargo naik 0,7% menjadi US$55,60 (Rp 823.577) dalam perdagangan siang hari.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading