Bank Besar AS Ini Bakal PHK 700 Karyawan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 February 2020 15:23
Perusahaan bank multinasional Amerika, Wells Fargo & Co berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawannya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan bank multinasional Amerika, Wells Fargo & Co berencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sekitar 700 pekerja di kota Manila, Filipina.

Menurut juru bicara Wells Fargo & Co, mereka juga berniat memindahkan sebagian pekerja dengan jabatan tertentu ke kantor cabang di India, yang menurut data sudah menampung hampir 12.000 karyawan teknologi.




Berita mengenai PHK para staf bank tersebut sebelumnya dilaporkan oleh Bloomberg. Dalam berita tersebut, bank memberitahu dan meminta sekitar 650 pekerja teknologi di kantor pusat AS untuk pindah ke pasar yang lebih besar guna mempertahankan pekerjaan mereka.

Sebelumnya pada 2019 lalu, bank ini sempat melakukan memberhentikan kepada lebih dari 200 karyawan dalam divisi pinjaman di kantor pusat di AS. Menurut sumber yang dikutip dari Reuters, hal ini mereka lakukan karena bereaksi terhadap tren bisnis dan guna merestrukturisasi beberapa unit.

Pada Januari lalu, Wells Fargo & Co melaporkan penurunan laba triwulanan sebesar 55%. Persaingan untuk tumbuh di tengah suku bunga rendah serta adanya lonjakan biaya dan skandal penjualan menjadi alasan.



Sementara itu, CEO baru yang bernama Charles Scharf dikabarkan mengemban banyak beban. Sebab ia harus membantu membangun kembali reputasi bank dengan pelanggan, investor, dan regulator.

Ia juga harus menyisihkan US$ 1,5 miliar untuk biaya hukum terkait skandal penjualan. Skandal itu menyebabkan denda dan penalti miliaran dolar serta pembatasan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading