Internasional

Perkecil Divisi Corporate Banking, ABN Amro PHK 250 Pekerja

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 August 2018 16:51
Perkecil Divisi Corporate Banking, ABN Amro PHK 250 Pekerja
Amsterdam, CNBC Indonesia - Bank asal Belanda ABN Amro pada hari Rabu (8/8/2018) mengatakan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 250 karyawannya menyusul rencana perusahaan untuk mengurangi aktivitas corporate banking internasionalnya demi menaikkan profitabilitas.

ABN mengatakan akan memfokuskan divisi Corporate and Institutional Banking (CIB) untuk kegiatan-kegiatan yang memberikan penghasilan yang lebih tinggi, seperti pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Belanda, kliring, dan ekuitas swasta.


"Untuk meningkatkan profitabilitas, modal yang dialokasikan untuk CIB akan dikurangi. Utamanya akan dilakukan di sektor global, terutama dalam perdagangan dan pembiayaan komoditas," kata Chief Executive Kees van Dijkhuizen dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.


ABN pada bulan Desember tahun lalu mengatakan akan mempertimbangkan masa depan divisi corporate banking-nya karena peraturan baru menurunkan profitabilitas dengan cara mengharuskan bank memiliki lebih banyak modal untuk aset dengan risiko yang relatif tinggi.

Pemangkasan aktivitas perusahaan akan mengurangi aset tertimbang menurut risiko pada neraca ABN sebesar 5 miliar euro (Rp 83,7 triliun) hingga 34 miliar euro pada 2020, kata bank.

Divisi ini memiliki sekitar 2.600 karyawan pada akhir Juni dan menghasilkan 11% dari total laba ABN pada kuartal kedua.

ABN Amro pada hari Rabu melaporkan penurunan 28% laba bersih kuartal kedua menjadi 688 juta euro (US$799,5 juta), tetapi melampaui ekspektasi rata-rata analis dalam jajak pendapat Reuters yang sebesar 562 juta euro. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading