Internasional

Kesepakatan Brexit Disetujui, UE: Ini yang Terbaik

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
26 November 2018 06:32
Kesepakatan Brexit Disetujui, UE: Ini yang Terbaik
Brussels, CNBC Indonesia - Presiden Uni Eropa (UE) Jean-Claude Juncker pada hari Minggu (25/11/2018) mendesak parlemen Inggris untuk meratifikasi kesepakatan Brexit yang disetujui blok tersebut dengan Perdana Menteri Theresa May. Ia mengatakan ini adalah kesepakatan terbaik yang mungkin terjadi.

"Ini adalah kesepakatan terbaik yang mungkin terjadi. Saya mengundang mereka yang harus meratifikasi kesepakatan ini di House of Commons untuk mempertimbangkan hal tersebut. Ini adalah perjanjian terbaik untuk Inggris, kesepakatan terbaik untuk Eropa, ini adalah satu-satunya perjanjian yang mungkin," kata Juncker, dilansir dari Reuters.


Ketua para pemimpin UE, Donald Tusk, menegaskan UE akan meratifikasi kesepakatan tersebut tepat waktu untuk hari terjadinya Brexit 29 Maret 2019. UE juga menegaskan komitmennya unuk membangun kerja sama yang sedekat mungkin dengan Inggris di kemudian hari.


"Kita tetap berkawan hingga akhir nanti. Dan satu hari lebih lama," kata Tusk.

Kesepakatan Brexit Disetujui, UE: Ini yang TerbaikFoto: Infografis/Brexit/Arie Pratama
Dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan tingkat tinggi yang berlangsung singkat hari Minggu untuk menyetujui rancangan kesepakatan Brexit, mereka menolak berspekulasi mengenai apa yang akan terjadi bila Perdana Menteri Inggris Theresa May tidak mendapat persetujuan parlemen.

"Mereka, yang berpikir bahwa dengan menolak kesepakatan ini mereka akan mendapat perjanjian yang lebih baik, akan kecewa," kata Juncker.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading