Ngaku Didekati Shopee, Ini Sepak Terjang Bank Aladin Syariah

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
29 April 2021 18:22
Shopee/Dok Sea Ltd

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk (BANK), yang baru saja mengganti namanya menjadi PT Bank Aladin Syariah Tbk, menyebutkan pihaknya tengah menjajaki sejumlah partner bisnis, tak menutup kemungkinan menggandeng Sea Ltd, induk dari e-commerce Shopee, ke perusahaan.

Manajemen Bank Aladin mengakui memang ada pendekatan dengan perusahaan asal Singapura tersebut. Sea yang tercatat di bursa Wall Street, NYSE (New York Stock Exchange), dengan kode saham SE ini sudah memiliki PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE). Bank ini kini sudah berubah nama menjadi Bank Seabank Indonesia.

Ali Akbar Hutasuhut, Head of Corporate Secretary BANK, mengatakan saat ini perseroan dalam tahap penjajakan dengan beberapa calon mitra strategis.


"Salah satunya dengan Shopee. Selain itu, pada saat ini perseroan belum memiliki informasi lainnya yang dapat disampaikan untuk keterbukaan informasi," katanya, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (29/4/2021).

Namun dia menegaskan hingga saat ini belum ada transaksi, lantaran saat ini perseroan masih dalam tahap penjajakan dengan beberapa calon mitra strategis.

Hanya saja setelah kabar ini terungkap, manajemen Sea Ltd, justru menegaskan pihaknya belum melakukan diskusi terkait dengan kerja sama strategis dengan Bank Aladin Syariah.

"Baik Shopee maupun Sea tidak sedang mengadakan atau melakukan diskusi apa pun terkait kerja sama strategis dengan Bank Aladin," tulis manajemen Sea dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (29/4/2021).

Pernyataan ini seakan membantah statement dari manajemen Bank Aladin Syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis ini.

Lalu, sebenarnya bagaimana sepak terjang Bank Net Syariah atawa Bank Aladin?

Sebagai gambaran sekilas, berikut ini profil singkat perusahaan tersebut.

Nama Awal Maybank Nusa Internasional

Berdasarkan laporan tahunan 2019 perusahaan, Bank Net berdiri pada 16 September 1995, seiring adanya joint venture antara dua bank umum, yakni Malayan Banking (Maybank) Berhad dari Malaysia dengan Bank Nusa Nasional dari Indonesia.

Nama bank perusahaan patungan tersebut ialah PT Maybank Nusa International.

Pada 14 November 2000, dengan beralihnya kepemilikan saham Bank Nusa Nasional kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT Maybank Nusa International berganti nama menjadi PT Bank Maybank Indocorp.

NEXT: Awal Mula Jadi Bank Net Syariah

Rajin Gonta-ganti Nama
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading