Gabung European Super League, Saham MU Nanjak 6%, Juve 17%!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 April 2021 06:22
Soccer Football - Champions League Round of 16 Second Leg - Manchester United vs Sevilla - Old Trafford, Manchester, Britain - March 13, 2018   A Manchester United flag is waved before the match    REUTERS/David Klein

Jakarta, CNBC Indonesia - Liga Super Eropa atawa European Super League (ESL) menjadi perbincangan hangat (kalau tidak mau dibilang panas) di jagat sepakbola. Sebanyak 12 klub Benua Biru yang menyebut dirinya elit memutuskan untuk membikin kompetisi sendiri.

Dua belas klub itu adalah Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea dari Inggris. Kemudian dari Italia ada AS Milan, Inter Milan, dan Juventus. Lalu dari Spanyol diwakili Reak Madrid dan Barcelona.

Rencananya ESL akan dimainkan pada tengah pekan, menggantikan jadwal kompetisi antar-klub Eropa di bawah naungan UEFA (Liga Champions dan Liga Europa). Artinya, klub yang berpartisipasi di Liga Super Eropa tidak akan bermain di Liga Champions dan Liga Europa.


Berikut adalah format kompetisi Liga Super Eropa:

  • Ada 20 klub yang berpartisipasi dengan 15 klub pendiri dan lima klub lain ditentukan berdasarkan pencapaian musim sebelumnya.
  • Pertandingan digelar pada tengah pekan sehingga klub masih bisa berkompetisi di liga dalam negeri.
  • Kompetisi rencananya dimulai pada Agustus 2021 dengan 20 klub dibagi menjadi dua grup. Setiap klub bermain kandang-tandang dan tiga tim teratas di setiap grup berhak maju ke babak perempatfinal. Klub yang menempati urutan empat dan lima di setiap grup diadu melalui playoff untuk mengisi tempat di perempat final. Setiap tim kembali bermain kandang-tandang dan final rencananya berlangsung pada Mei 2022 di tempat netral.

"Pembentukan Liga Super bertepatan dengan momentum pandemi global yang menyebabkan instabilitas keuangan klub. Pandemi menunjukkan bahwa dibutuhkan visi yang strategis dan peningkatan kualitas serta intensitas kompetisi antar-klub sehingga mendorong sebuah format di mana klub papan atas bertemu secara reguler.

"Dibutuhkan pula sebuah pendekatan komersial yang berkelanjutan untuk meningkatkan keuntungan setiap pemangku kepentingan. Klub pendiri meyakini bahwa solusi ini tidak merusak fundamental klub dan tetap mendukung sumber daya keuangan bagi keseluruhan piramida kompetisi sepakbola," sebut keterangan resmi di situs klub Liverpool.

Halaman Selanjutnya --> ESL Memantik Amarah

ESL Memantik Amarah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading