European Super League: Harta atau Nyawa? Harta Tentu Saja!

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
19 April 2021 12:30
Soccer Football - Champions League Final - Real Madrid v Liverpool - NSC Olympic Stadium, Kiev, Ukraine - May 26, 2018   Real Madrid's Gareth Bale celebrates winning the Champions League by kissing the trophy   REUTERS/Hannah McKay

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepakbola bukan hanya olahraga tendang-tendangan si kulit bundar antara 22 orang selama dua kali 45 menit. The beautiful game kini sudah menjadi bisnis, sebuah bisnis kelas paus.

Segala yang bisa dimanfaatkan betul-betul dijadikan 'sapi perah' baru. Misalnya, kompetisi UEFA Nations League yang janggal itu. 'Kompetisi' ini ingin menjadi semacam Liga Champions Eropa, tetapi untuk level tim nasional.

Kini ada lagi kompetisi tandingan. Kompetisi yang sebenarnya sudah diwacanakan sejak 1990, tetapi baru lebih dari 30 tahun kemudian terealisasi.


Namanya adalah Liga Super Eropa atawa European Super League. Liga ini berisi klub-klub terbaik di Benua Biru.

Dua belas klub papan atas liga Eropa memutuskan untuk bersatu dan membentuk kompetisi ini. Dari Inggris, ada Liverpool, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Italia diwakili AC Milan, Inter Milan, dan Juventus. Sementara dari Spanyol adalah Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona. Jumlahnya diperkirakan bakal bertambah menjadi 20 klub.

Liga Super Eropa dimainkan pada tengah pekan, jadwal yang selama ini diisi oleh kompetisi antar-klub di bawah naungan UEFA yaitu Liga Champions dan Liga Europa. Artinya, ada kemungkinan klub yang berpartisipasi di Liga Super Eropa tidak akan bermain di Liga Champions dan Liga Europa.

Berikut adalah format kompetisi Liga Super Eropa:

  • Ada 20 klub yang berpartisipasi dengan 15 klub pendiri dan lima klub lain ditentukan berdasarkan pencapaian musim sebelumnya.
  • Pertandingan digelar pada tengah pekan sehingga klub masih bisa berkompetisi di liga dalam negeri.
  • Kompetisi rencananya dimulai pada Agustus 2021 dengan 20 klub dibagi menjadi dua grup. Setiap klub bermain kandang-tandang dan tiga tim teratas di setiap grup berhak maju ke babak perempatfinal. Klub yang menempati urutan empat dan lima di setiap grup diadu melalui playoff untuk mengisi tempat di perempatfinal. Setiap tim kembali bermain kandang-tandang dan final rencananya berlangsung pada Mei 2022 di tempat netral.

Pandemi Bikin Keuangan Klub 'Berdarah'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading