Prahara Barcelona: Prestasi Menciut, Keuangan Bangkrut!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 January 2021 11:58
Lionel Messi. (Dok: IG. messi_messi10)

Jakarta, CNBC Indonesia - FC Barcelona, klub sepakbola asal Spanyol, dilanda prahara baik di dalam maupun luar lapangan. Di lapangan, performa anak asuh Ronald Koeman belum meyakinkan sementara di luar lapangan ancaman kebangkrutan bukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.

Di kompetisi La Liga Spanyol, Barcelona memang masih berada di peringkat ketiga. Namun bagi klub sebesar Blaugrana, yang setiap tahun ditargetkan menjadi juara Tanah Matador, itu tentu bukan sesuatu yang patut disyukuri.

Setelah menjalani 19 laga di kompetisi sepakbola kasta teratas Spanyol, Lionel Andres Messi dan sejawat mengoleksi 37 poin. Berselisih 10 angka dari Atletico Madrid di puncak klasemen, dan anak asuh Diego Simeone masih menyimpan satu laga ekstra. Selisih poin keduanya bisa semakin lebar.


Soccer Football - La Liga Santander - FC Barcelona vs Leganes - Camp Nou, Barcelona, Spain - April 7, 2018   Barcelona's Lionel Messi celebrates scoring their second goal          REUTERS/Albert GeaFoto: REUTERS/Albert Gea

Kepergian Luis Suarez ke Atletico membuat Barcelona semakin tergantung terhadap sosok Messi. Musim ini, Barcelona mencetak 17 gol di La Liga, di mana Messi membikin 11 gol dan 2 asis. Artinya Messi menyumbang 76,47% dari seluruh gol Barcelona. Tidak ada yang bisa berbagi beban dengan Messi.

Padahal Messi maju ke sini tentu semakin tua. Tahun ini La Pulga bakal berusia 34 tahun, tetapi beban yang harus ditanggungnya malah kian berat. Messidependencia, pasrah bongkokan kepada Messi.

"Tanpa Messi, saya tidak tahu apa yang akan terjadi dengan Barcelona. Mustahil membayangkan Barcelona tanpa Messi. Masalahnya, rekan setim Messi terlalu terbiasa bergantung kepadanya, berharap Messi melakukan segalanya," kata Miguel Rico, jurnalis senior Mundo Deportivo, seperti dikutip dari Bleacher Report.

Besar Pasak Daripada Tiang di Barcelona
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading