Gokil! Messi Kalahkan Pele, Cetak Rekor Gol Terbanyak

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 December 2020 08:10
Lionel Messi. (Dok: IG. messi_messi10)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lionel Messi mengalahkan rekor gol legenda bola Brasil Pele untuk kategori sebuah klub. Ini terjadi ketika ia mencetak gol ke-644 untuk Barcelona dalam pertandingan melawan Valladolid, Selasa (22/12/2020).

Penyerang Argentina itu mencetak gol ketiga Barca, ketika memanfaatkan backheel Pedri dan menendang bola melewati kipper Jordi Masip di menit ke-65.


"Ketika saya mulai bermain sepak bola, saya tidak pernah berpikir saya akan memecahkan rekor apa pun. Dan bahkan lebih sedikit lagi yang saya raih hari ini," tulisnya di Instagram (IG) setelah pertandingan dikutip dari AFP.

"Saya hanya bisa berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya selama bertahun-tahun, rekan tim saya, keluarga saya, teman-teman saya dan semua orang yang mendukung saya setiap hari."

Rekor Messi sempat menyamai Pele di Sabtu, pekan kemarin. Saat itu Barca imbang 2-2 melawan Valencia.

Itu adalah pertandingan kompetitif ke-749 pemain Argentina berusia 33 tahun tersebut untuk Barca. Bersama klub itu, dia telah mencetak gol setiap 1,16 pertandingan.

Pele sendiri tercatat mencetak 643 gol dalam 757 pertandingan bersama Santos, saat bermain antara tahun 1956 dan 1974. Ia mencetak 1,17 gol tiap pertandingan.

"Selamat atas rekor sejarahmu, Lionel. Tapi yang terpenting, selamat atas karir indahmu di Barcelona. Cerita seperti kita, tentang mencintai klub yang sama begitu lama, sayangnya akan semakin langka di sepakbola. Aku sangat mengagumimu," kata Pele kepada Messi di media Instagram.

Messi merupakan pemenang Ballon d'Or enam kali. Ia menjadi pencetak gol tertinggi sepanjang sejarah Barca diikuti Cesar Rodriguez berikutnya dengan 230 gol.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading