Features

Sstt..Ada Bos Rokok & Partner Kaesang di IPO Bank Net Syariah

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
18 January 2021 08:44
Dua pendiri Nojorono, Koo Djee Siong dan Tan Djing Thay/Dok Nojorono

Investor pasar modal sepertinya sudah tak sabar menanti salah satu calon emiten syariah yang akan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2 Februari nanti. Calon emiten itu yakni PT Bank Net Indonesia Syariah, dulunya bernama PT Bank Maybank Syariah Indonesia.

Bank Net Syariah mengincar dana dari pasar modal, lewat mekanisme penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO), berkisar antara Rp 515 miliar-Rp 525 miliar.

Nilai ini dihitung berdasarkan harga penawaran saham yang dipatok Rp 103-Rp 105/saham dengan nominal Rp 100/saham, dikali dengan jumlah saham yang ditawarkan kepada masyarakat, yakni 5 miliar saham atau setara dengan 37,90% dari modal disetor setelah penawaran umum saham.


"Keseluruhan dana hasil IPO akan digunakan oleh perseroan untuk modal kerja seperti biaya pemeliharaan IT dan penunjangnya dan modal kerja lainnya," kata Direktur Bank Net Indonesia Syariah Basuki Hidayat, dalam keterangan resminya, (12/1/2021).

Demi pemanis biar sahamnya banyak dibeli investor publik, perusahaan juga menerbitkan waran (sweetener) seri I sebanyak-banyaknya 2,8 miliar.

Bila tercatat di papan bursa, Bank Net Syariah akan masuk dalam deretan bank syariah yang sudah listing lebih dahulu yakni PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) dan PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS).

Perusahaan mempercayakan penjamin emisi (underwriter) IPO ini kepada PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.

Proses bookbuilding (penawaran awal) dilakukan mulai dari tanggal 11-18 Januari 2021 dan penawaran umum akan dilakukan pada 26 Januari-28 Januari 2021. Target listing di BEI pada 2 Februari mendatang.

Menariknya, di balik rencana besar ini, prospektus IPO mengungkapkan, nama pengusaha rokok di balik pemegang saham utama perusahaan, yakni salah satu pejabat PT Nojorono Tobacco International, produsen rokok klasik Minak Djinggo dan Class Mild.

Tak hanya bos rokok asal Kudus ini, ada pula nama partner bisnis dari Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang ikut menjadi pemegang saham Bank Net Syariah.

Siapakah mereka?

Bagaimana awal mereka masuk menjadi pemegang saham Bank Net Syariah?

NEXT: Cerita pemegang saham awal Bank Net Syariah

Sejarah Pemegang Saham Bank Net Syariah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading