Sengkarut Jouska: Teriakan Para Klien, Diusut PPATK & Fraud

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
07 August 2020 10:14
Jouska. (Dok: Jouska)

Jakarta, CNBC Indonesia - Skandal pengelolaan investasi yang dilakukan perusahaan penasihat keuangan PT Jouska Finansial Indonesia mendapat perhatian serius publik dan stake holder di industri keuangan. Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) bahkan tegas menyebutkan, akan mengusut semua transaksi yang dilakukan Jouska.

Skandal ini berawal dari laporan sejumlah nasabah yang merasa dirugikan atas investasi, kini pelbagai pihak turun tangan menangangi temuan yang lebih serius: dugaan kejahatan berkedok investasi.

Salah satu nasabah yang menjadi korban ialah Randy Danistha, personel band Nidji yang satu ini yang menjadi klien Jouska sejak awal tahun 2018.


Kala itu, dia sempat mencari di media sosial perusahaan perencana keuangan yang terbaik, dan Jouska termasuk yang cukup terkenal di kalangan kawula muda, terutama media sosial Instragram.

Dari sanalah ia tertarik dan menginvestasikan uangnya Rp 250 juta. Tapi, sampai berakhir kontrak di 2019 belum ada keuntungan yang cukup signifikan.

Kala itu, Jouska mengiming-imingi keuntungan yang cukup signifikan dengan menempatkan investasi di saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK). Ternyata, penurunan investasi di saham tersebut bukannya untung, malah buntung.

"Sebelum pandemi saya merasa turunnya sudah tidak wajar, minus 4% saya sudah teriak, mereka diam aja. Turun 7%, diam aja, terus 40%," ceritanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/8/2020).

Karena Randy masih awam, ia mempercayakan semuanya kepada Jouska hingga akhirnya saham LUCK ambles 70% dan itulah yang membuat dia melakukan cut loss. Alhasil, Randy menelan kerugian sekitar Rp 178 juta.

"Saya merasa daripada minus sampai abis, cut loss. Gak kebayang kalau gak tarik, apalagi setelahnya ada pandemi," katanya.

Diminta Jual Rumah untuk Investasi Saham
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading