Newsletter

Balada 'Surat Cinta' Xi Jinping Buat Donald Trump

Market - Hidayat Setiaji & M Taufan Adharsyah & Anthony Kevin, CNBC Indonesia
10 May 2019 05:25
Pasar keuangan Indonesia menjalani periode kelam pada perdagangan kemarin. Bagaimana dengan hari ini?
Namun ada sentimen ketiga yang bisa menjadi harapan bagi rupiah yaitu koreksi harga minyak dunia. Pada pukul 04:49 WIB, harga minyak jenis brent dan light sweet turun masing-masing 0,53% dan 0,9%. 

Penyebabnya adalah kekhawatiran akan perang dagang AS-China yang akan merontokkan pertumbuhan ekonomi dunia. Kala ekonomi melambat, maka permintaan energi akan berkurang sehingga melemahkan harga si emas hitam.

Penurunan harga minyak adalah berkah buat rupiah. Saat harga minyak turun, maka biaya impor komoditas ini akan lebih murah sehingga mengurangi beban neraca perdagangan dan transaksi berjalan (current account). Dengan begitu rupiah akan memiliki fondasi yang lebih kuat sehingga tidak mudah terombang-ambing. 


Sentimen keempat, kali ini dari dalam negeri, adalah rilis data yang sangat penting yaitu Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal I-2019. Neraca ini menggambarkan keseimbangan eksternal, seberapa besar devisa yang masuk dan keluar di perekonomian Indonesia. 

Pos yang akan menjadi sorotan, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, adalah transaksi berjalan. Sebab transaksi berjalan mencerminkan arus devisa dari ekspor-impor barang dan jasa, sebuah sumber yang lebih tahan lama ketimbang kamar sebelah yaitu portofolio di pasar keuangan (hot money). 

Bank Indonesia (BI) memperkirakan defisit transaksi berjalan pada kuartal I-2019 lebih sedikit ketimbang kuartal sebelumnya yang mencapai 3,57% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Sepanjang 2019, bank sentral meramal defisit transaksi berjalan menyusut ke arah 2,5% PDB dari 2,98% PDB pada 2018. 

Namun jika ternyata defisit transaksi berjalan melebar, apalagi sampai tidak bisa ditalangi oleh transaksi modal dan finansial sehingga NPI secara keseluruhan menjadi tekor, maka bersiaplah menghadapi murka pasar. Rupiah akan dipersepsikan tidak punya pijakan yang kuat, sehingga rentan digoyang. 

(BERLANJUT KE HALAMAN 5)

Simak Agenda dan Data Berikut Ini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading