Bos BCA: Bank yang Diakuisisi Bukan Perusahaan Terbuka

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 January 2019 10:55
BCA berencana akuisisi satu bank tahun ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memastikan akan mencaplok satu bank kecil pada tahun ini. Proses akusisi ini diharapkan selesai paling cepat pada kuartal III-2018.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat berbincang dengan CNBC Indonesia pun memberikan sinyal bahwa bank yang akan dicaplok bukanlah perusahaan yang melantai di otoritas bursa alias non publik. 

"[Kriteria bank yang akan diakusisi] bank non publik," kata Jahja, Kamis (17/1/2019).


Jahja menjelaskan, BCA saat ini tengah dalam proses mengajukan izin kepada regulator terkait rencana tersebut. Proses akusisi, diharapkan selesai seutuhnya pada kuartal ketiga tahun ini.

"Sedang diproses untuk majukan perizinan dan perlu due dilligence dulu," kata Jahja.

Sebgai informasi, beredar kabar bahwa BCA akan mengambil alih saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) dan PT Bank Ganesha Tbk (BGTG). Beberapa waktu lalu, Jahja pun terlihat hadir bersama salah satu bank yang bersangkutan.

Namun, metika dikonfirmasi kebenarannya, Jahja menyebut bank yang dimaksud tidak hadir di acara tersebut. "Tidak ada di sini. Dari awal juga saya bilang [BBHI] tidak. Makanya saya tidak mau ngomong deh soal akuisisi karena takut nanti pasar tidak tenang," imbuhnya. 

Dalam ada kesempatan terpisah Jahja mengatakan janur kuning untuk BCA mengakuisisi bank kecil sudah siap. Namun untuk saat ini, belum ada tanda-tanda janur tersebut siap dikibarkan dalam waktu dekat.

"Janur kan boleh disiapin, pasangnya kapan kan harus tunggu benar-benar siap dong." tandasnya. 



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading