Sejauh Mana Proses Rencana Akuisisi Bank BCA?

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 January 2019 08:31
Sejauh Mana Proses Rencana Akuisisi Bank BCA?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia TbkĀ (BBCA) memastikan akan mencaplok satu bank kecil pada tahun ini. Proses akuisisi ini diharapkan selesai paling cepat pada kuartal III-2018.

Hal tersebut dikemukakan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat berbincang dengan CNBC Indonesia, seperti dikutip Selasa (15/1/2019).

"Satu sudah siap janurnya. [...] Kuartal III atau kuartal IV [proses akusisi dirampungkan]," kata Jahja.


Jahja menjelaskan, BCA saat ini tengah dalam proses mengajukan izin kepada regulator terkait rencana tersebut. Perusahaan memastikan, bank yang akan diakusisi merupakan bank non publik.

"Sedang diproses untuk majukan perizinan dan perlu due dilligence dulu. [Kriteria bank yang akan diakusisi] bank non publik," jelas Jahja.

Beberapa waktu lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku tengah mengkaji rencana BCA untuk diskresiĀ dengan meninjau kembali aturan single presence policy (kepemilikan tunggal) agar bisa memberikan manfaat ekonomi dan sinergi bagi bank kecil.

Otoritas memandang, diskresi ini merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, bank besar bisa melakukan kontrol dan menyuntikkan modal untuk bank-bank kecil.

"Kita harapkan nanti kita tinjau kembali aturannya. Artinya kalau itu dia bisa ambil bank bank kecil dan jadi bank satelitnya, bank digital khusus UMKM kan bagus tuh dan dalam lingkup konsolidasinya dia ya," kata Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading