Hapus 5 Kebiasaan Ini Biar Tak Jadi Sobat Misqueen di 2020!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 December 2019 12:29
Ingin tak lagi berstatus sebagai Sobat Misqueen
Jakarta, CNBC Indonesia - Bicara kebiasaan, mengurangi kebiasaan buruk sama pentingnya dengan membangun kebiasaan positif untuk hidup yang lebih baik. Termasuk dalam hal mengelola keuangan.

Nah, jika kalian mau ucapkan perpisahan dari status Sobat Misqueen di 2020, coba mulai dengan hapus 5 kebiasaaan buruk ini.




Menunda menabung untuk hari tua
Pensiun mungkin tampak begitu jauh, tetapi semakin lama Anda menunggu untukĀ mulai berinvestasi, semakin sulit untuk mengejar ketinggalan.
Salah satu cara paling sederhana untuk ikut serta program tunjangan orang tua yang disponsori oleh perusahaan Anda, seperti BPJS. Jika perusahaan Anda tidak menawarkan satu, atau Anda wiraswasta, pertimbangkan opsi lain, seperti asuransi dan lainnya.

Idealnya, sisihkan 10% dari pendapatan Anda. Tapi jika tak sanggup, bisa mulai dari 1% dan ditingkatkan bertahap sesuai kemampuan.

[Gambas:Video CNBC]



Hanya Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit
Sebagian besar kartu kredit hanya mengharuskan Anda melakukan pembayaran minimum setiap bulan, yang biasanya merupakan jumlah tetap atau persentase saldo Anda, biasanya 1-3%. Membayar minimum sangatlah menggoda, terutama jika anggaran Anda terbatas.

Tetapi semakin sedikit Anda membayar sekarang, maka semakin banyak Anda akan membayar nanti. Menyisakan saldo yang banyak, artinya berhutang lebih lama

Membawa saldo kartu kredit tidak hanya berarti Anda akan berhutang lebih lama, tapi juga bunga yang lebih besar dan menumpuk.

Pada tahun 2020, biasakan melakukan pembayaran secara penuh jika memungkinkan. Cara termudah untuk melakukannya? Siapkan pembayaran otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk ingat membayar tagihan Anda setiap bulan.



Habiskan Pendapatan, bahkan Pengeluaran Lebih Besar
Jika Anda membelanjakan sebanyak yang Anda dapat atau lebih maka Anda hidup dari gaji ke gaji, dan dapat dengan mudah berubah menjadi hutang.

Gaya hidup itu membuatnya hampir mustahil memiliki tabungan yang signifikan.

Solusinya, cobalah untuk hidup di bawah kemampuan Anda bukan di luar kemampuan Anda. Anda dapat memulai tahun ini dengan melihat pernyataan ulasan akhir tahun kartu kredit Anda dan mengidentifikasi area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda.

Tak Memiliki Tujuan
Jika Anda ingin menabung atau mendapatkan lebih banyak, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan kemudian menetapkan rencana khusus untuk mencapainya.

Mulailah dengan menentukan dengan tepat tujuan apa yang ingin Anda capai pada tahun 2020 dengan uang Anda. Apakah Anda ingin menambah dana darurat Anda? Apakah Anda ingin menyimpan uang muka? Apakah Anda ingin berinvestasi lebih banyak? Apakah Anda ingin mendapatkan uang lebih banyak?

Jika sasaran Anda khusus untuk tabungan, cari tahu berapa banyak yang harus Anda tabung per bulan atau per cek gaji selama tahun itu untuk sampai ke sana. Kemudian, siapkan transfer otomatis berulang dari rekening bank Anda ke rekening tabungan Anda untuk memastikan Anda akan tetap konsisten dengan tabungan Anda.

Jika tujuan Anda lebih abstrak, seperti meningkatkan gaji Anda, buatlah rencana aksi dan tuliskan. Menghasilkan lebih banyak bisa berarti menegosiasikan kenaikan gaji.



Menunggu dan Menunggu Sampai Dapat Duit Banyak, Kapan?

Kunci investasi ada di tangan Anda, waktunya Anda yang menentukan. Tidak perlu menunggu gaji besar untuk mulai, coba sisihkan lalu tempatkan uang Anda di instrumen yang bisa membuatnya bekerja sendiri.

Ada aplikasi yang bertujuan untuk membuat investasi menjadi sederhana dan dapat diakses, dan Anda dapat melihat ke dalam layanan investasi otomatis yang dikenal sebagai robo-advisors. Banyak ahli, termasuk Warren Buffett dan Mark Cuban, merekomendasikan berinvestasi dalam saham.

Kuncinya yakni jangan menunggu. Bahkan jika Anda tidak dapat menginvestasikan banyak uang, bangun kebiasaan menyisihkan setidaknya sedikit setiap bulan. Setiap kali Anda mendapatkan uang lebih atau bonus, evaluasi kembali berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan secara realistis.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading