Simak! Ini Tips Cermat Kelola Duit THR Kala Pandemi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 May 2020 15:05
Infografis: Besaran THR Lembaga Non Kementerian
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini perayaan hari raya Idul Fitri akan berbeda dari sebelumnya. Ini akibat efek pandemi virus corona (Covid-19). 

Alokasi Tunjangan Hari Raya (THR) pun juga turut berubah, ada yang masih mendapat penuh, sebagian, bahkan tidak sama sekali.

Buat yang masih mendapatkan THR-nya, mesti cermat mengelola keuangan agar bisa bertahan di kala pandemi. Berikut adalah tips dari Ken Handersen dari Qualified Wealth Planner soal kelola duit THR. 


Menurutnya pastikan Anda mengalokasikannya sesuai dengan kebutuhan. Serta menerapkan pola 3S yakni Spending, Sharing dan SIP.



"Perlu diperhatikan saat  menerima THR adalah needs nya, jadi penagihan pos nya harus jelas. Pos keuangannya apa saja terapkan 3S Spending yakni Sharing dan SIP," kata Ken kepada CNBC Indonesi, Rabu (13/5).




Dia memaparkan untuk Spending, yakni untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Misal seperti kebutuhan makan dan bahan bakar kendaraan.


Lalu untuk Sharing, dia menyarankan untuk berbagi kepada yang membutuhkan, dintaranya menyisihkan sebagian untuk membayar zakat harta dan juga zakat fitrah. Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang yang merosot penghasilannya atau bahkan kehilangan.


"Untuk pos Sharing yakni kita turut melakukan bantuan sosial, ikut bantu teman yang kekurangan. Intinya ikut berbagi sebagian yang dimiliki maka ini akan jauh membuat happy," papar dia.


Sementara pada SIP adalah sebuah singkatan dari Saving, Investment dan Protection. Untuk Saving, yakni untuk membuat dana perencanaan dan mengisi pos dana darurat.


Lalu Anda juga masih bisa berinvestasi dengan dana THR yang dimiliki. Uang Anda pun masih bisa bertumbuh dan ikut bekerja dengan Anda.

Terakhir yakni Protection yakni untuk menjaga risiko dari hal-hal yang tidak diinginkan agar tujuan dimasa depan tercapai. Kendati demikin, hal tersebut kembali lagi kepada prioritas dan kondisi keuangan yang dimiliki. 


[Gambas:Video CNBC]





(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading