Siap-siap THR Cair, Ini Rahasianya Agar Tak Cepat Ludes

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 April 2022 12:05
foto ilustrasi perencanaan keuangan

Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang Hari Raya Idulfitri, perusahaan akan membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) yang menjadi hak karyawan. Meskipun THR ditujukan untuk keperluan Hari Raya, sangat penting untuk menyisihkan minimal 10% dari penerimaan untuk menambah tabungan.

Namun, sayangnya, yang sering terjadi adalah uang tunjangan tersebut cepat sekali habis tak bersisa. Ini tentu menjadi masalah klise yang dialami sebagian orang setiap tahun.


Lantas bagaimana membuat THR agar tidak cepat ludes? Berikut tips jitu untuk mengelola uang THR agar tidak habis dengan sia-sia:

1. Sisihkan Untuk Orang yang Berhak

Prioritaskan untuk membayar kewajiban misalnya zakat penghasilan, atau untuk orang-orang yang harus diberikan haknya seperti pembantu rumah tangga, sopir, pegawai, dan tentu saja orang tua.

2. Lunasi Utang

Gunakan uang THR untuk melunasi utang dan tunggakan yang ada, khususnya utang yang sifatnya tidak tetap seperti tagihan kartu kredit, pinjaman online, maupun pinjaman lain yang memiliki biaya bunga tinggi.

3. Kebutuhan Lebaran

Sesuai namanya, gunakan THR untuk belanja kebutuhan Lebaran seperti pakaian, makanan, minuman. Agar lebih hemat, manfaatkan promo yang ditawarkan marketplace. Prinsipnya, Anda harus belanja cerdas. Misalnya, perhatikan apakah barang yang dibeli merupakan kebutuhan atau keinginan.

4. Dana Cadangan

Jika penerimaan THR telah mencukupi kebutuhan, maka saatnya untuk menambah dana cadangan yang dapat ditabung guna kebutuhan lain seperti kebutuhan anak sekolah. Apabila penerimaan THR tidak mencukupi kebutuhan, maka Anda harus lebih selektif dalam membelanjakan uang serta berkreasi dalam menambah pemasukan di luar pekerjaan utama.

Dengan komitmen dan disiplin dalam mengelola keuangan THR sesuai rencana, maka keuangan keluarga akan lebih lebih sehat dan sejahtera.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Segini Besaran & Hitungan THR Karyawan Swasta 2022


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading