Kaya Tanpa Gaya, Ini Hobi Merakyat Crazy Rich Dunia & RI

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 December 2019 06:46
Meski menjadi orang terkaya di dunia maupun di RI, masing-masing Crazy Rich ini justru punya hobi yang sederhana
Jakarta, CNBC Indonesia - Berdasarkan sebuah penelitian, berhemat adalah salah satu ciri utama jalan menuju kekayaan.

Direktur penelitian Affluent Market Institute, Sarah Stanley Fallaw dalam buku 'The Next Millionaire Next Door: Strategi Abadi untuk Membangun Kekayaan' mengatakan mereka yang berkomitmen untuk menabung, mengurangi pengeluaran, dan berpegang pada anggaran lebih cenderung menjadi miliarder.

"Menghabiskan di atas kemampuanmu, membelanjakan alih-alih menabung untuk pensiun, membelanjakan untuk mengantisipasi menjadi kaya membuatmu menjadi budak gaji, bahkan dengan tingkat pendapatan yang tinggi," tulisnya, dikutip dari Business Insider.


Memang tidak sedikit orang kaya yang lebih senang hidup 'sederhana', seakan tak bergelimang harta. Intip siapa saja orang kaya yang memiliki kebiasaan-kebiasaan sederhana.



Warren Buffett

Menjadi orang terkaya ketiga bukan berarti Warren Buffett hidup foya-foya. Memiliki kekayaan US$82,8 miliar, Buffett malah hidup hemat. Dalam wawancara bersama CNBC Internasional dan dan Yahoo Finance, ia mengatakan "tidak pernah memiliki keinginan besar untuk memiliki banyak rumah dan segala macam hal dan beberapa mobil."

Kaya Tanpa Gaya, Ini Kebiasaan Para Crazy Rich Dunia & RI Foto: CNBC


Buffett masih tinggal di rumah sederhana di Omaha, Nebraska yang ia beli seharga US$ 31.500 pada tahun 1958. Jika disesuaikan dengan inflasi, rumah tersebut sekarang bernilai sekitar US$ 276.700.

Selain rumah yang sederhana, Buffett juga hanya memiliki mobil Cadillac XTS 2014 seharga US$ 44.600. Ia juga tidak punya smartphone, hanya ponsel flip. Selain itu dia hanya membayar US$ 18 untuk potong rambut.



Mark Zuckerberg

Orang terkaya keenam di dunia, Mark Zuckerberg yang memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 63,6 miliar juga memiliki gaya hidup yang relatif sederhana. Kesederhanaan tersebut dilihat dari cara berpakaiannya yang sama, hanya kaos, hoodie, celana jins, dan sepatu keds.

Kaya Tanpa Gaya, Ini Kebiasaan Para Crazy Rich Dunia & RI Foto: Ketua dan CEO Facebook Zuckerberg bersaksi di sidang Komite Jasa Keuangan Negara di Washington, AS pada Rabu, 23 Oktober 2019 (REUTERS/Erin Scott)


Bahkan saking sederhananya, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, dikabarkan terlihat sedang makan sambil mengobrol di McDonald's tak lama setelah pernikahan mereka pada 2012.

Zuckerberg juga terlihat mengendarai mobil yang relatif murah, termasuk Acura TSX, hatchback Volkswagen, dan Honda Fit, yang jika digabungkan semuanya hanya bernilai di bawah US$ 30.000.



Jeff Bezos Sampai Michael Bambang Hartono
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading