6 Hal Kecil Ini Bikin Kamu Sukses Besar Seperti Bill Gates Cs

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 September 2019 13:46
Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi sukses tidak mudah dan tentu saja itu tidak dapat terjadi dalam semalam, tetapi ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan setiap hari untuk memastikan kamu mencapai tujuan profesional.

Para pemimpin dunia yang paling legendaris, dari Bill Gates, Elon Musk dan Oprah Winfrey hingga CEO di Google dan Facebook, memandang kesuksesan sebagai pekerjaan yang sedang berjalan. Kuncinya adalah tetap sabar dan berkomitmen. Berikut adalah enam hal kecil yang perlu kamu lakukan setiap hari jika ingin sukses dalam hidup.

1. Membaca buku yang tidak terkait langsung dengan karirmu


Membaca adalah salah satu cara termudah untuk mengalami kehidupan dari perspektif lain dan mengembangkan empati yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Tetapi penting untuk memperluas pengetahuanmu di luar keahlian yang dimiliki.

Ada alasan mengapa Elon Musk sering membaca karya-karya fiksi ilmiah dan biografi sebagai beberapa hal penting dalam daftar bacaannya. "Saya dibesarkan oleh buku. Buku, dan kemudian orang tua saya," kata Elon dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone yang dikutip oleh CNBC Internasional.

2. Berkeringat

Ini bukan tentang pergi ke sauna atau melakukan yoga. Berkeringat yang dimaksud adalah membiarkan ketiak basah karena gugup ketika mencoba berbicara di depan umum untuk pertama kali. Memang tidak akan mudah, tetapi untuk mengasah kepemimpinan, kamu harus siap untuk hal itu. 

Mark Zuckerberg menghabiskan bertahun-tahun belajar bahasa Mandarin. Seperti yang kita tahu, dia melakukan pekerjaan yang cukup bagus untuk menguasainya. Ketakutan dan pertumbuhan tidak bisa ada dalam ruang yang sama, yang satu harus pergi agar yang lain bisa berkembang.



3. Berolahraga 
Dalam penelitiannya selama lima tahun tentang orang-orang kaya, penulis Tom Corley menemukan bahwa berolahraga adalah kegiatan yang selalu mereka lakukan. Keuntungan berolahraga pada mereka berdampak kepada IQ (intelligence quotient) yang lebih tinggi, kemauan keras, kepercayaan diri, dan energi yang naik hingga 20 persen lebih banyak.




"Mereka yang telah memalsukan kebiasaan berolahraga aerobik memiliki keunggulan kompetitif yang luar biasa dibandingkan mereka yang tidak," tulis Tom dalam blognya. Sejumlah miliarder swadaya, termasuk Oprah Winfrey, Sheryl Sanberg, dan Richard Branson, memasukkan latihan ke dalam rutinitas harian mereka. Penelitian bahkan menemukan bahwa sedikit olahraga harian dapat secara signifikan membantu memperpanjang hidup.

Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Sukses Seperti Bill Gates CsFoto: Infografis/Selebriti Terkaya Dunia 2019 Versi Forbes/Arie Pratama


Berikutnya: Jalan-jalan juga kunci buat kesuksesan (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading