Cerita Obama Sampai Warren Buffett Soal Gaji Pertama Mereka

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 December 2018 - 18:38
Cerita Obama Sampai Warren Buffett Soal Gaji Pertama Mereka
Jakarta, CNBC Indonesia- Seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian yang artinya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.Hal ini pula yang banyak dirasakan oleh banyak orang terkenal sebelum mereka mencium kesuksesan.  



Misalnya Jennifer Aniston yang sukses di Hollywood, ternyata dia pernah mendapatkan uang dari hal yang tidak diduga. Dia memotong rambut saat masih duduk di bangku sekolah.


Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: Jennifer Aniston (REUTERS/Mario Anzuoni)


Itu adalah hal paling aneh yang pernah dia lakukan untuk menghasilkan uang sekolah."Saya memotong rambut waktu kelas sembilan dan meminta harga potongan rambut dengan biaya US$ 10," kata dia.

Ternyata, Jennifer Aniston bukan satu-satunya ada pula beberapa public figure lainnya yang memulai kisah suksesnya dari bawah. 

Barack Obama
Mantan Presiden Amerika Serikat pernah menerima upah minimum di Baskin-Robbins di Honolulu, Hawaii, saat remaja. Dia bekerja sebagai karyawan perusahaan es krim.

Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: REUTERS/Kamil Krzaczynski


"Menyendoki es krim itu lebih susah daripada yang terlihat. Deretan es batu keras bisa brutal di pergelangan tangan," tulis Obama di LinkedIn pada 2016. 

Meskipun tidak mudah, menurutnya itu mengajarinya banyak hal yang berharga. Ini membuatnya lebih tanggung jawab. "Itu mengajari saya beberapa pelajaran berharga. Tanggung jawab. Kerja keras. Menyeimbangkan pekerjaan dengan teman, keluarga, dan sekolah," kata dia.

Gwen Stefani
Tak hanya Obama, bintang pop Gwen Stefani juga menyajikan es krim saat remaja, di Dairy Queen di Anaheim, California. "Ketika saya mulai di sana, pakaian saya masih pas. Ketika saya berakhir di sana, pakaian saya tidak muat lagi," kata Gwen.

Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: Gwen Stefani (REUTERS/Lucas Jackson)


[Gambas:Video CNBC]


Jeff Bezos
Sebelum mendirikan Amazon, miliarder Jeff Bezos pernah bekerja membuat burger di McDonald's."Minggu pertama saya di tempat kerja, dispenser saus tomat lima galon, yang dipasang di dinding stuck di dapur dan membuang banyak saus tomat ke setiap celah dapur, dan sulit dijangkau untuk dibersihkan," kata Bezos kepada penulis buku, Cody Teets.

Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: REUTERS/Danny Moloshok


"Karena saya adalah orang baru, mereka memberi saya solusi pembersihan dan berkata, 'Pergilah!," kata Bezos.

Namun, pengalaman itu berharga. Menurutnya, dia banyak belajar ketika bekerja di McDonald's. "Ini berbeda dari apa yang Anda pelajari di sekolah dan jangan meremehkan nilai itu."

Lin-Manuel Miranda
Pencipta musik hit Broadway "Hamilton" pernah mengoperasikan mesin Slushee di toko bibinya, ia mengungkapkan di Twitter, menggunakan hashtag "#firstsevenjobs"

Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: Lin-Manuel Miranda (REUTERS/Danny Moloshok)


Dia juga pernah bekerja di McDonald's, sebagai kasir. "Saya menjaga counter dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, jadi saya adalah orang yang Anda marahi ketika Anda terlambat untuk sarapan," kata Miranda kepada kritikus teater Chicago Tribune, Chris Jones.

Warren Buffett
Ia peroleh pendapatan pertama kali saat dia berusia enam tahun dengan menjual permen karet dan Coca-Cola di lingkungannya.

Cerita Obama Sampai Warren Buffet Soal Gaji Pertama Mereka Foto: CNBC


Ketika Buffett berusia 13 tahun, ia menemukan pertunjukan yang lebih menggiurkan: Menyampaikan salinan The Washington Post. Itu membuatnya mendapatkan US$ 2.000 yang mengesankan dalam dua tahun. 

Berkat pekerjaan lain yang ia dapatkan saat kecil, Buffett mengumpulkan total US$ 5.000 (US$ 53.000 dalam dolar hari ini) sebelum usia 20 tahun. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading