Kaya dan Umur Panjang, Miliuner Ini Ungkap Rahasia Hidupnya

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 February 2019 15:37
Kaya dan Umur Panjang, Miliuner Ini Ungkap Rahasia Hidupnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Pada usia 95, Charlie Munger terkenal karena perannya yang handal sebagai tangan kanan legenda investasi Warren Buffett.

Sebagai wakil ketua Berkshire Hathaway, Munger memiliki kekayaan senilai US$ 1,7 miliar atau Rp 24 triliun menurut Forbes. Selain perannya bersama Buffett, Munger adalah bos penerbit Daily Journal Corp dan duduk sebagai direksi di gerai ritel raksasa, Costco.




Munger memiliki hampir semua standar, kehidupan yang sangat sukses dan umur panjang, Tapi siapa sangka usianya pun juga hampir seratus tahun.

Pekan lalu, pada pertemuan tahunan The Daily Journal di Los Angeles, California, Munger diminta untuk mengungkap perjalanan itu.

"Ada banyak pertanyaan hari ini orang-orang yang mencoba mencari tahu apa rahasia hidup, untuk hidup yang panjang dan bahagia," tanya Becky Quick dari CNBC kepada Munger pada akhir Februari. Dilansir dari CNBC Make It.

Rahasianya adalah mudah, karena sangat sederhana, kata Munger pada Quick. Munger pun melanjutkan mengeluarkan daftar saran terbaiknya, yakni;
- Kamu tidak iri hati
- Tidak membenci
- Tidak belanja lebih dari penghasilan
- Tetap ceria bagaimanapun masalahnya
- Bekerja dengan orang yang bisa diandalkan
- Dan melakukan apa yang harus dilakukan

"Dan semua aturan sederhana ini bekerja sangat baik untuk membuat hidup lebih baik," kata dia, yang menyebut resepnya itu sangat mudah dan logis.

"Tetap ceria meski apapun terjadi, dan untuk itu lepaskan hal negatif dari pikiran Anda," jelasnya.

"Bisakah kamu ceria ketika kamu benar-benar terperosok dalam kebencian yang mendalam dan kebencian? Tentu saja kamu tidak bisa. Jadi mengapa kamu melakukannya?" Lanjut Munger.

Sebelumnya, Munger tumbuh di Omaha, Nebraska, seperti halnya mitra investasinya (tempat kelahiran Buffett menjelaskan nama julukannya, "Oracle of Omaha"), dan bekerja di toko bahan makanan kakek Buffett, seperti halnya Buffett sendiri.

"Namun demikian, itu tahun 1959 sebelum saya bertemu Charlie, lama setelah dia meninggalkan Omaha untuk menjadikan Los Angeles rumahnya. Saya berusia 28 dan dia 35 tahun. Dokter Omaha yang memperkenalkan kami meramalkan bahwa kami akan cocok dan kami mengikutinya," kata Warren Buffett tentang mitra lamanya dalam surat tahunan 2014 untuk para pemegang saham. 

Sebelum bergabung dengan Berkshire Hathaway, Munger pertama kali bekerja sebagai pengacara dengan bayaran sebesar US$ 15 per jam.

Buffett mengapresiasi peran Munger untuk sebagian besar kesuksesan Berkshire Hathaway.

Saksikan video tentang mereka yang hidup dari jual beli saham
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading