3 Tokoh Ini Jadi Idola dan Inspirasi Bisnis Bos Amazon

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 May 2018 12:13
Sebagai Bos Amazon, Jeff Bezos didapuk sebagai orang terkaya di dunia dan berikut adalah 3 tokoh yang diidolakan oleh Bezos.
Jakarta, CNBC Indonesia- Sebagai Bos Amazon, Jeff Bezos didapuk sebagai orang terkaya di dunia dengan gunungan harta diperkirakan mencapai US$ 135 miliar. Tapi bahkan, orang terkaya di planet ini punya idola untuk menjadi inspirasi di hidup mereka.

Jadi, siapa orang-orang diidolakan oleh Jeff Bezos?

Dalam sebuah forum panel kepemimpinan baru-baru ini, si bos Amazon mengaku mengidolakan banyak orang yang ada di sekitarnya. Mulai dari guru sekolah, orang tua, dan kakeknya yang dinilai punya pengaruh besar dalam hidupnya.


Tapi untuk sisi perjalanan bisnis, ada 3 CEO yang dikagumi oleh Bezos, dilansir dari CNBC Make It, inilah 3 CEO tersebut.



Warren Buffett

Seperti banyak pebisnis lainnya yang sangat sukses, pilihan pertama Bezos tidak lain adalah investor miliarder dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. "Dalam dunia bisnis, saya telah menjadi penggemar Warren Buffett sejak awal usia dua puluhan. Aku membaca apa yang dia tulis," kata Bezos. 

Buffett telah lama dipandang sebagai orang yang bijaksana, orang-orang dari segala usia  mencarinya untuk mendapat nasihatnya, dan dia pun bersedia untuk berbagi pengetahuannya. Pada pertemuan pemegang saham tahun 2004, Justin Fong yang berusia 14 tahun kala itu bertanya kepada Buffet apakah dia dapat berbagi beberapa nasihat keuangan dan hidupnya.

Buffett dan mitranya yang sudah lama, Charlie Munger menawarkan tiga mutiara, yakni membentuk kebiasaan yang baik saat Anda masih muda, jangan berutang, dan selalu mengelilingi diri Anda dengan orang-orang baik.

Jamie Dimon

Panutan kedua Bezos adalah Jamie Dimon, yakni ketua JPMorgan Chase."Jika saya pemegang saham besar di JPMorgan Chase, saya akan muncul setiap Senin pagi dengan kue kering dan kopi untuk Jamie. Kurasa dia eksekutif yang hebat di perusahaan yang sangat rumit," kata Bezos.

Dimon mengokohkan reputasinya sebagai sumber terpecaya untuk keputusan bisnis saat menuangkan proyeksinya di 2007 tentang potensi bisnis properti. Rekomendasinya itu kemudian berbuah keuntungan di kala krisis keuangan melanda di September 2008.

Saking handalnya, Buffet pun meminta pendapat dan pertimbangan Dimon untuk bisnisnya.

Bob Iger

Bos Disney ini jadi idola Bezos saat berhasil mengakuisisi Pixar senilai US$ 7,6 miliar pada 2006. Ide akuisisi ini dilempar oleh Bob dua hari sejak ditunjuk jadi CEO Disney. Bob juga lah yang menggagas ide untuk akuisisi Lucasfilm dan Marvel, yang kita ketahui pasti dua rumah produksi ini mencetak film film box office secara bergantian, tanpa henti.

Seperti Bezos, Iger juga menggunakan teknologi dan inovasi untuk memberi perusahaannya keunggulan yang kompetitif. Dia pun mendorong pengambilan risiko kepada karyawannya untuk menumbuhkan kreativitas.

Strategi bisnis inti Iger jelas beresonansi dengan Bezos. Hal tersebut pun dia katakan pada panel Forum tentang Kepemimpinan. "Saya pikir dia adalah eksekutif yang hebat. Saya mungkin akan membawakannya kue kering," kata Bezos.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading