10 Ide Bisnis Penghasil Uang, Cocok Bagi Jagoan Desain Grafis

Entrepreneur - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 December 2021 15:19
Ilustrasi Penukaran Uang (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Membangun bisnis dari keahlian yang memang dimiliki tidaklah sulit. Seperti misalnya, kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis dan ingin menjadikannya bisnis. Apalagi saat ini jasa desainer grafis banyak dicari oleh orang-orang termasuk perusahaan.

Banyak pula yang mengatakan bahwa bisnis desain grafis tidak ada matinya dan mungkin akan terus bersinar di masa depan. Tiap hari semakin banyak jumlah freelance desainer grafis yang memanfaatkan keahliannya untuk mendapat cuan.

Sayang sekali jika kamu memiliki keahlian tersebut tapi tidak mengambil peluang dengan baik. Namun, masih banyak para jagoan desain grafis yang tidak memahami cara untuk menjadikan bakatnya sebagai usaha yang menguntungkan. Jika Anda memerlukan ide bisnis untuk desain grafis, silahkan simak artikel ini.

Ide Bisnis Untuk Desain Grafis

Menjadi desainer grafis sebenarnya tidak berarti harus dibatasi di lingkungan desainer saja. Ada banyak usaha bisnis lainnya yang masih berkaitan dengan desain grafis. Di masa kolaborasi bisnis seperti saat ini, bisnis desain grafis pun bisa bergandeng tangan dengan bisnis lainnya. Berikut ide bisnis yang bisa dikembangkan oleh para desainer grafis untuk mendapatkan keuntungan.

1. Bisnis Jual Desain di Microstock

Situs microstock sudah ada sejak lama, situs pertama yaitu Getty Images berdiri sejak tahun 1995 dan pada tahun 2006 berhasil mengakuisisi Istockphoto (Wikipedia). Hingga saat ini, situs microstock sudah semakin banyak.

Situs-situs microstock ini bisa dijadikan ladang mencari uang untuk menjual desain-desain yang kamu buat dengan menggunakan sistem Pay per Download dan Free Royalty. Ini bisa dijadikan ladang bagi para desain grafis sebagai passive income karena sekali submit, kamu bisa menjual selama-lamanya.

2. Bisnis Program Kartun

Ide bisnis selanjutnya yang bisa dimainkan oleh para desainer grafis adalah mengembangkan kartun yang bisa ditayangkan di televisi. Jika kamu berhasil mengembangkan sebuah program kartun untuk bisa ditayangkan di TV, tentunya kamu akan menghasilkan uang dari situ.

Selain fokus untuk membuat program kartun agar ditayangkan di TV, kamu juga bisa menjual soft copy cerita kartun tersebut di toko buku anak-anak.

3. Buat Desain Situs Web

Bisnis desain situs web bisa menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang ahli di bidang ini secara profesional untuk mendesain situs web serta memiliki pengetahuan dasar tentang pengkodean HTML dan CSS.

Jika kamu sebagai desain grafis ingin meningkatkan keuntungan, kamu bisa melihat ke arah bisnis satu ini.

4. Bisnis Jual Font

Selanjutnya ada ide bisnis yang semakin hari semakin trending di kalangan desainer grafis yakni bisnis jual font. Karena setiap harinya lahir jenis font baru di tangan-tangan kreatif para desainer font. Hasil font tersebut kemudian ditawarkan di website yang menyediakan jasa penjualan font.

Beberapa website yang trend di kalangan desainer font untuk menjual font hasil karyanya adalah Creative Market, The Hungryjpeg, Font Bundles dan masih banyak lagi.

5. Jual Jasa Desain

Para desainer grafis juga bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis jual jasa desain online pada situs-situs tertentu yang menyediakan fitur Direct Transaction atau transaksi secara langsung seperti Fiverr, Freelancer, Upwork dan tentunya masih banyak lagi.

Pilih lah situs online yang mudah jika kamu merupakan pemula. Beberapa desainer grafis bisa menghasilkan hingga ribuan Dollar per bulannya. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo, ilustrasi hingga pembuatan web desain di situs tersebut.

6. Buat Program Pelatihan Desain Grafis

Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai desain grafis, maka kamu bisa membuka ide bisnis untuk program latihan desain grafis bagi orang lain yang tertarik belajar dunia desain. Kamu bisa menawarkan pelatihan secara private atau per kelas.

Bisnis ini tentu bisa menghasilkan penghasilan uang dan juga kamu bisa terlihat lebih keren karena mampu mentransfer ilmu kepada orang lain.

7. Menjadi Youtuber

Selanjutnya, kamu bisa melebarkan sayap melalui platform media sosial penyedia video terbesar di dunia, YouTube. Tak sedikit para desainer grafis yang mencoba mencari keuntungan di platform ini.

Biasanya mereka akan membagikan video terkait tutorial dan informasi seputar perkembangan dunia desain grafis. Kamu bisa memanfaatkan Google Adsense dan jumlah viewers untuk mencari penghasilan sebesar-besarnya dari YouTube.

8. Bisnis Print On Demand

Bisnis print on demand merupakan salah satu bisnis desain grafis yang sangat berkembang seiring perkembangan dunia cetak mencetak. Cara kerjanya adalah dengan memasarkan desain-desain dalam bentuk hasil cetak seperti kaos, pattern dan peralatan sehari-hari lainnya.

Ada website yang populer untuk ide bisnis dengan konsep print on demand seperti Zazzle untuk semua jenis peralatan keseharian, Teespring untuk desain kaos, Redbubble untuk desain pattern dan lain-lainnya.

9. Bisnis Rancang Buku Anak-Anak

Ide bisnis lainnya yang bisa dicoba adalah usaha pada buku gambar anak-anak seperti buku komik, buku cerita dan buku anak-anak lainnya yang bersangkutan dengan gambar. Dengan pikiran kreatif dan keterampilan dalam mendesain karakter, kamu bisa mencoba memulai bisnis ini.

Yang diperlukan oleh desainer grafis dalam bisnis ini adalah bagaimana caranya para desainer bisa meneliti jenis karakter kartun yang akan disukai anak-anak, kemudian mengembangkannya menjadi karakter di dalam komik.

10. Menjadi Blogger Desainer

Tidak banyak kelompok desainer yang menggeluti bisnis di bidang ini. Namun, kamu bisa memanfaatkan blog untuk sharing skill desain yang dimiliki. Semakin banyak artikel yang dibaca, maka semakin besar peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Itu dia ide usaha bisnis untuk para desainer grafis handal yang ingin memanfaatkan kemampuannya untuk menghasilkan keuntungan. Jadi, sudah siapkan kamu dikejar-kejar klien untuk menjalankan bisnis desain grafis?



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading