Mau Mulai Bisnis? Simak Kuy 4 Tips Berikut Biar Cuan Gaes

Entrepreneur - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
10 October 2021 17:50
Petani lobster air tawar menunjukkan lobster siap jual di tempat budidaya lobster air tawar BFC Mini Farm di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (7/8/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Semua pengusaha tentu memiliki keinginan untuk punya bisnis yang sukses. Masih minim pengalaman di bidang wirausaha jangan sampai membuat anda minder, karena semua pebisnis juga mulai dari bawah dulu.

Kalau kamu baru mau mulai berbisnis, setidaknya ada empat tips yang bisa dipakai oleh para pebisnis pemula:

Pastikan dulu bisnisnya
Bidang bisnis apa yang ingin kamu seriusi harus ditentukan terlebih dahulu. Misalnya kuliner, pakaian, dan lainnya. Jika belum jelas bidangnya jangan terburu-buru memulai.


Target pasar harus ditentukan
Menentukan target market bisnis juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Siapa pembeli dari bisnis anda harus jelas mulai dari rentan usia, sifat dan karakter sebagai konsumen. Apakah anak-anak, orang dewasa, atau orang tua.

Fokus pada satu peluang bisnis
Beberapa orang terlalu banyak mengembangkan bisnis dalam waktu bersamaan. Idealnya kamu fokus saja pada satu bisnis, karena seluruh ide dan pemikiran kamu dalam mengembangkan bisnis akan lebih terarah dan fokusmu pun menjadi tidak terbagi.

Hidup sederhana
Saat baru mulai berbisnis jangan membayangkan yang mewah-mewah dulu. Hiduplah secara sederhana. Berpikirlah kamu masih pebisnis awal dan nikmati saja proses sampai menjadi sukses.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading