Berkat Yeezy, Kanye West Bebas Utang & Mandi Uang Rp 20,8 T

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 July 2019 16:49
Kanye West sempat hampir bangkrut dan jatuh miskin, sampai ia melahirkan sepatu Yeezy dan hasilkan uang puluhan triliun rupiah.
Jakarta, CNBC Indonesia- Rapper Kanye West pernah hampir bangkrut akibat terlilit utang US$ 53 juta atau setara Rp 737 miliar pada 2016 lalu. Kanye bahkan sampai memohon kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk investasi ke bisnisnya sejumlah US$ 1 miliar untuk selamatkan keuangannya.

Kejadian itu sempat jadi berita utama di Amerika Serikat, meski berujung Zuckerberg tetap tak berikan pinjaman US$ 1 miliar. Tapi, hubungan keduanya kini baik-baik saja bahkan juga kondisi keuangan Kanye West yang telah berbalik dari hampir jatuh bangkrut menjadi miliuner dunia.




Dilansir dari CNBC Internasional, West selama berkat bisnisnya bersama Yeezy yang sukses datangkan miliaran dolar ke rekeningnya hanya dalam hitungan bulan. Selama 12 bulan, Forbes memprediksi West telah hasilkan lebih dari US$ 150 juta atau setara Rp 2 T sebelum dipotong pajak.

Kekayaannya sebagian besar memang diraup dari kerja sama brand 'Yeezy' dengan Adidas, produk yang penjualannya diperkirakan bisa mencapai US$ 1,5 miliar di tahun ini.

Kanye West disebut-sebut sukses bernegosiasi dengan Adidas dan mendapat royalti 15% dari tiap penjualan sepatu yang ia rancang tersebut. Kesepakatan ini dicetak karena ia bisa memboyong Yeezy yang semula di Nike ke Adidas.



Sebagai perbandingan, legenda basket Michael Jordan, yang berkolaborasi dengan menghadirkan sepatu merek Jordan masih menghasilkan penjualan tahunan sekitar US$ 3 miliar untuk Nike. Dari penjualan itu, ia diperkirakan hanya mendapatkan royalti sekitar 5% dari penjualan. Perlu dicatat bahwa Jordan tidak memiliki mereknya, sedangkan West memilikinya.

Meski butuh waktu dua tahun lebih sedikit bagi West untuk merilis desain pertamanya di bawah Adidas, lini ini dengan cepat mendapatkan momentumnya begitu Sepatu Yeezy Boost 750 "Light Brown" -nya tahun 2015 meluncur dan terjual habis dalam waktu 10 menit dengan harga eceran US$ 350.

Selanjutnya, dalam beberapa tahun, rilis edisi terbatas seperti Yeezy Boost 350, Yeezy 950 dan Yeezy Boost 700 memiliki rekor penjualan dengan harga eceran mulai dari US$ 300 hingga US$ 585 per pasang.

Berkat Yeezy, Kanye West Bebas Utang & Mandi Uang Rp 20,8 TFoto: Infografis/Sneakers Terlaris di Dunia/Edward Ricardo


Beberapa waktu lalu, istri Kanye West yakni Kim Kardashian West, merilis sebuah pernyataan di Instagram yang mengatakan bahwa dia sangat bangga dengan suaminya. Dia mengatakan setiap hari dia menyaksikan betapa kerasnya sang suami bekerja dan seberapa banyak dedikasi yang dituangkan untuk setiap produk yang ia rancang.

"Tidak mengherankan bagi siapa pun yang bekerja dengan Kanye, pasti tahu bahwa ia telah mampu mengubah utang jutaan dolar menjadi satu miliar dolar hanya dalam waktu empat tahun. 100% dengan keringatnya sendiri, dan memiliki 100% bisnisnya," tulisnya.

West mengatakan kepada Forbes bahwa ia menghargai kesuksesannya sebagian karena keimanannya dan juga pada diagnosis gangguan bipolarnya, yang ia sebut sebagai kekuatan super yang merupakan kunci kreativitasnya. Tetapi kebanyakan, dia mengatakan kepada Forbes bahwa dia adalah seorang pria yang cinta berkreasi.

"Untuk membuat produk yang membuat orang merasakan kegembiraan yang luar biasa dan memecahkan masalah dan masalah dalam hidup mereka, itu adalah hal yang saya sukai," kata West.

Artikel Selanjutnya

Biar Makin Cuan, Ini Cara Baru Kanye West Ekspansi Bisnis


(gus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading