Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
03 February 2019 18:00
Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018
Jakarta, CNBC Indonesia - Hampir selama dua dekade industri alas kaki, khususnya sneakers, tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mendapatkan kesadaran merek atau menghasilkan alas kaki terbaik semata. Beberapa brand juga memiliki tujuan utama, yakni menciptakan gaya yang hype bagi semua pelanggan.


Tak heran, inovasi terus tumbuh dan lahir memberi tren baru dengan menghadirkan kolaborasi. Beberapa brand sneakers kawakan pun berani menggandeng artis, penyanyi, dan desainer ternama. Kolaborasi itu menghadirkan terobosan yang berkesan dan memberi energi baru bagi pencinta sneakers.

Lantas siapa dan seperti apa hasil sepatu kolaborasi itu? Berikut adalah paparannya dilansir laman complex.com.




Daniel Arsham x Adidas Futurecraft 4D
Pandangan Daniel Arsham pada Adidas Futurecraft 4D adalah puncak untuk teknologi ini. Bagian atasnya berwarna hijau orimeknit dengan potongan geometris sangat cocok untuk sol teknologi tinggi minty.

Tak sekadar itu, untuk menjadi daya tarik bila sepatu ini bawah sinar UV, maka akan memiliki detail tersembunyi yang terungkap di seluruh bagian atas termasuk logo tiga garis di sisi dan teks "future" di ujung jari. 


Kendati demikianm sepatu ini dibuat sangat terbatas. Hal itu menyebabkan sepatu itu menjadi salah satu sepatu kets Adidas di pasar sekunder untuk tahun 2018 yang paling langka dan favorit. Sepasang sepatu ini dibanderol US$ 1.000 (Rp 13 juta).


Comme des Garçons x Nike Air 180
Pikiran dari Comme des Garçons x Nike menghadirkan kolaborasi dengan harga jual kembali yang tinggi. Akan tetapi tiga warna CDG x Nike Air Max 180s ini terbukti dapat diakses hingga beberapa ukuran dan warna bahkan mencapai penjualan. Sementara harga eceran yang sudah tinggi senilai US$ 260 (Rp 3,6 juta) tentu saja berkontribusi pada lambatnya penjualan.

Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018Foto: Sneaker News


Kith x New Balance 997.5
Saat itu tahun 2009 dan Kanye West akan memiliki satu momen dengan sepatu kets yang mengesankan, meskipun itu akan melibatkan sepatu yang tidak jelas sehingga tidak banyak orang akan pernah mendapatkannya. Dia keluar bersama pacarnya Amber Rose dengan sweater kardigan merah muda-putih dari Jeremy Scott dan sepasang New Balance 997.5 yang dibuat bekerja sama dengan peritel Jepang, United Arrows.

Dia terus memakainya dalam video "Stay Up" di 88 Keys. Lalu sepatu itu menghilang. Bahkan hampir tidak mungkin untuk mendapatkan sepasang sepatu itu di online, dan New Balance tidak menunjukkan minat untuk menghidupkan kembali.

Berkat Ronnie Fieg, yang merupakan penikmat merek-merek top, sepatu ini telah seolah melihat kehidupan kedua sebagai bagian dari pertunjukan Kith Park pada bulan September. Ada sedikit perubahan pada penghapusan sepatu tipe ini dan penambahan logo Kith, tetapi masih terlihat seperti aslinya. 


Diamond Supply Co. x Nike SB Dunk Low "Canary"
Salah satu dari sepatu sneakers paling keren yang pernah dimiliki Nike SB Dunk dari Diamond Supply Co., yang pertama kali muncul pada tahun 2005 dan mengambil inspirasi dari pirus hitam dan merek Tiffany & Co. Itu tidak hanya membantu membawa sensasi Nike SB ke ketinggian baru, tetapi juga meluncurkan kebangkitan baru pada streetwear.

Ini adalah salah satu sepatu kets pertama yang mengambil harga gila di pasar sekunder dalam skala luas, dijual kembali ke atas $ 1.000 (Rp 13 juta).

Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018Foto: Sneaker News


Off-white x Nike
Kolaborasi Off-White x Nike milik Virgil Abloh berlanjut hingga 2018 dengan banyak energi, memperkenalkan beberapa model warna baru termasuk Air Force 1, Air Jordan I, Air Max 97, Air Presto, Air VaporMax, Blazer, dan Zoom Fly.

Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa koleksi ini mendekati titik jenuh. Faktanya adalah sepatu kets masih sangat sulit didapat, dengan harga jual kembali secara teratur berkisar antara $ 500 hingga di atas $ 1.000.

Fear of God x Nike Air Fear of God 1
Kita semua tahu bagaimana kerja kolaborasi saat ini. Merek X ingin membangun hype di sekitar model yang rencananya akan dipromosikan pada skala yang lebih luas, dan mendaftar layanan Cool Brand / Entertainer X untuk memberikan putaran mereka sendiri pada model tersebut. Kecuali ketika tiba saatnya bagi kolaborasi Fear of God Jerry Lorenzo dengan Nike.

Lorenzo bersikeras menciptakan rancangannya sendiri, bahkan menggunakan sepatu yang terakhir dari sepatu Fear of God untuk mendapatkan bentuk sesuai keinginannya. Dia mengambil satu langkah lebih jauh, sepatu sneaker yang dirancang sebagai sepatu basket dengan kinerja aktual di lapangan dengan bantuan Leo Chang dari Nike.

Hanya sedikit kolaborasi yang mencapai tingkat ambisi ini, dan hasil kolaborasi ini itu membuatnya masuk dalam daftar kolaborasi terbaik.

Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018Foto: complex.com


Undercover x Nike React Element 87
Jarang sekali melihat pertama kali model yang sama sekali baru datang melalui sebuah kolaborasi. Tapi itulah cara dunia diperkenalkan ke Nike's React Element 87. Model ini memulai debutnya di Paris pada acara Undercover runway Maret lalu, dan saat itu diikuti oleh keheningan radio selama berbulan-bulan. 


Rancangan akhirnya pun debut selama musim panas dalam beberapa variasi sebelum kolaborasi ini akhirnya rilis pada bulan September. Pada saat perilisan, jalur warna telah mengalami perubahan dan beberapa di antaranya mengecewakan penggemar, tetapi produk akhirnya tetap diantisipasi meskipun terjadi goncangan yang terlambat dalam penjualan.

Travis Scott x Air Jordan IV
Kolaborasi pertama Travis Scott x Jordan Brand yang diluncurkan ke ritel adalah Air Jordan IV biru nubuck ini. Terinspirasi oleh mantan skuad NFL di kota kelahirannya, Houston Oilers.

Untuk merayakan perilisannya, Jordan Brand dan Travis mengadakan acara khusus di Houston. Ada juga beberapa orang mengambil sepatu yang sulit dicari di ritel. Mereka yang ketinggalan mungkin bisa mempertimbangkan mendapat sepatu ini karena harga jual kembali relatif rendah. 


Union x Air Jordan 1
Dengan kolaborasi Jordan-nya, Union Los Angeles mampu secara akurat mewujudkan perasaan yang berasal dari sepasang Air Jordan 1s. Sementara kombinasi warna bukan hal baru. Chris Gibbs dan timnya berhasil menemukan cara baru untuk melaksanakan konsep. Dua bagian pada setiap jalur warna secara harfiah dijahit bersama, hingga ke bagian depan, yang menambah nuansa desain yang terinspirasi DIY.

Tunggu dulu, ada kabar bahwa Jordan Brand memiliki rencana untuk terus menjatuhkan Air Jordan Is yang lebih vintage pada tahun 2019.

Inilah 10 Kolaborasi Sneakers Paling Cetar Selama 2018Foto: Sneaker News


Sean Wotherspoon x Nike Air Max 1/97

Setelah pra-rilis kecil di Richmond, Virginia Need Supply dan Undefeat di Los Angeles selama musim gugur 2017, peluncuran resmi hibrida Air Max 1/97 Sean Wotherspoon selama bulan Maret bertujuan untuk merayakan Hari Air Max.

Desain korduroi yang beraneka warna merupakan salah satu penampilan paling keras tahun ini. Akan tetapi terbukti cukup serbaguna, cocok dengan selebritis dan sneakerhead dari semua tingkat selera, bahkan keberadaan tanda tangan LeBron James yang selalu dicari.
Simak video tips dan trik membedakan sneakers original dan kw di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading