Mandi Duit, Kekayaan Kim Kardashian Naik Jadi Rp 13 T

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 July 2020 16:10
Television personality Kim Kardashian West attends the WSJ. Magazine 2019 Innovator Awards at the Museum of Modern Art on Wednesday, Nov. 6, 2019, in New York. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kekayaan bersih figur publikĀ Kimberly Kardashian West bertambah menjadi total US$ 900 juta (Rp 13 triliun, asumsi Rp 14.508/US$) setelah menjual 20% saham perusahaan kosmetiknya, KKW Beauty kepada perusahaan raksasa kecantikan Coty senilai US$ 200 juta.

Penjualan saham tersebut adalah cashout kedua Kardashian tahun ini. Akuisisi yang terjadi pada Senin (29/6/2020) ini tak hanya menaikkan kekayaan Kardashian, tetapi juga KKW Beauty yang kini bernilai US$ 1 miliar.



Sebelumnya, saudara tiri Kardashian, Kylie Jenner juga menandatangani kesepakatan besar dengan Coty pada awal 2020 lalu. Jenner menjual saham 51% perusahaan kosmetiknya, Kylie Cosmetics seharga US$ 1,2 miliar. Kesepakatan itu membuat Jenner memiliki kekayaan bersih di bawah US$ 900 juta.

Baik Kylie Cosmetics dan KKW Beauty adalah beberapa merek yang memiliki valuasi tinggi berkat pemasaran via sosial media mereka. Merek kelas atas seperti Anastasia Beverly Hills, Huda Beauty, dan Glossier juga memiliki valuasi yang sama seperti dua perusahaan tersebut.


Television personality Kim Kardashian West attends the WSJ. Magazine 2019 Innovator Awards at the Museum of Modern Art on Wednesday, Nov. 6, 2019, in New York. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)Foto: Kim Kardashian (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)
Television personality Kim Kardashian West attends the WSJ. Magazine 2019 Innovator Awards at the Museum of Modern Art on Wednesday, Nov. 6, 2019, in New York. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)



"Kim adalah ikon global modern sejati," kata CEO Coty, Peter Harf dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Forbes. "Pengaruh ini, dikombinasikan dengan kepemimpinan Coty dan keahlian mendalam dalam kecantikan gengsi akan memungkinkan kami untuk mencapai potensi penuh dari merek-mereknya."



Sejak awal tahun, harga saham Coty turun hampir 60%. Perusahaan, yang memiliki pendapatan US$ 8,6 miliar pada tahun sampai Juni 2019, kini senilai US$ 3,3 miliar dalam kapitalisasi pasar.

Dengan membuat kesepakatan dengan perusahaan seperti KKW Beauty dan Kylie Cosmetics, Coty berharap untuk menyegarkan citranya dan menarik konsumen yang lebih muda.

Kardashian mendirikan KKW Beauty pada tahun 2017, setelah berhasil berkolaborasi dengan Kylie Cosmetics pada seperangkat produk lipstick.

Sama seperti Jenner, Kardashian meluncurkan KKW Beauty pertama kali hanya secara online saja. Pada Oktober 2019, KKW Beauty mulai dijual di toko-toko Ulta. Penjualan secara offline tersebut menghasilkan pendapatan US$ 100 juta tahun lalu.

KKW Beauty adalah salah satu dari beberapa usaha bisnis Kardashian. Selain muncul di reality show keluarga Keeping Up with the Kardashians, perempuan 39 tahun ini juga memiliki lini pakaian Skims dan permainan mobile-nya, Kim Kardashian Hollywood.

Suami Kardashian, Kanye West, baru-baru ini mengumumkan kesepakatan untuk menjual sederet pakaian Yeezy di toko-toko GPS Gap.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Makin Kaya, Kim Kardashian Raup Cuan Rp 2,8 T di Awal 2021


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading