Stop 1 Kebiasaan Buruk Ini Jika Mau Sukses seperti Bill Gates

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 March 2022 16:15
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang-orang sukses dan superkaya seperti Bill Gates dan Warren Buffett paham betul bahwa waktu sangat berharga. Karena alasan ini, Gates dan Buffett tak mau membuang-buang waktu yang hanya 24 jam sehari untuk kegiatan yang tidak membawa keuntungan. 

CNBC Make It mencatat bahwa Gates dan Buffett telah meninggalkan satu kebiasaan buruk yang bisa menjauhkan mereka dari kesuksesan. Kebiasaan buruk itu adalah melakukan sesuatu yang tidak produktif. 

Gates berhenti mendengarkan musik dan menonton TV di usia 20-an. Bagi Gates, dua aktivitas itu hanya menghambat produktivitasnya. 


"Kedengarannya memang ekstrem, saya melakukannya karena saya pikir hal itu hanya akan mengalihkan perhatian saya dari memikirkan software, " tulis miliarder itu dalam sebuah posting blog.

Dia menerapkan nilai-nilai yang sama dalam hal mengasuh anak. Gates tidak mengizinkan anak-anaknya memiliki ponsel sampai mereka berusia 14 tahun (rata-rata, anak-anak diberikan ponsel pertama mereka pada usia 10 tahun). Dia juga menerapkan aturan "tidak boleh memakai ponsel" selama makan bersama keluarga.

Tak jauh berbeda dengan Gates, Warren Buffett juga tak suka ada distraksi teknologi. CEO Berkshire Hathaway ini sengaja tidak memasang komputer di kantornya. Dia membatasi distraksi dari Internet dengan hanya memakai ponsel jadul. Buffett baru menggunakan iPhone pada 2020.

Alih-alih browsing yang tidak perlu, Buffett lebih suka membaca buku. Ketika ditanya tentang rahasia suksesnya saat menghadiri acara di Columbia Business School, dia mengambil setumpuk besar kertas dan menjawab, "Baca 500 halaman seperti ini setiap hari. Begitulah cara kerja pengetahuan."

Sampai hari ini, Buffett menghabiskan 80 persen waktunya untuk membaca.

Bill Gates dan Warren Buffett, dua maestro bisnis yang sangat sukses, adalah contoh sempurna bagaimana meninggalkan aktivitas yang tidak produktif untuk fokus pada aktivitas lain yang lebih bermanfaat dapat membantu Anda mencapai tujuan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kebiasaan Ini Bikin Susah Kaya, Jauhi Kalau Mau Sukses!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading