Liputan Khusus

Ini Keunggulan Tesla di Balik Harganya yang Selangit

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2019 11:03
Ini Keunggulan Tesla di Balik Harganya yang Selangit
Jakarta, CNBCS Indonesia - Penggunaan mobil listrik masih terhitung sedikit di Indonesia. Itu lantaran jenis mobil ini masih terhitung mahal dan berteknologi tinggi.

Namun tahukah Anda? Ternyata alasan mobil listrik banyak diidam-idamkan pecinta otomotif adalah karena lebih hemat energi dibandingkan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) pada umumnya.

Ini Keunggulan Tesla di Balik Harganya yang SelangitFoto: REUTERS/Mike Blake

Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim yang merupakan importir mobil-mobil mewah, termasuk mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla, mengatakan merek besutan Elon Musk itu jauh lebih aman karena bisa melakukan pengereman sendiri saat terjadi tabrakan. Mobil ini juga mengurangi emisi karbon dibanding unit yang masih mengunakan BBM


"Mobil Tesla itu teraman di dunia ketika misalnya terjadi tabrakan dari depan karena ini enggak ada mesin. Jadi, tidak mungkin untuk meledak," ujarnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

"Mobil ini juga tidak bisa tembus benda tajam yang bisa membahayakan pengemudi," kata Rudy.


Dia menuturkan bahwa mobil listrik dari pabrikan Tesla memiliki teknologi tinggi di mana suspensinya bisa diatur melalui layar besar di bagian dashboard mobil. Tidak hanya itu, tipe setir pun juga bisa diatur dengan otomatis untuk tipe standar, sport, atau nyaman.

Nah, keunggulan lainnya yakni mobil ini sama sekali tidak memiliki suara karena ketiadaan mesin bila dibandingkan dengan mobil pada umumnya.

Sementara berbicara akselarasi, jenis Tesla ini sangat spontan ketika digas. Ini berbeda dengan mobil yang memiliki mesin dan bisa saja tersendat saat akan di injak gasnya.

"Mobil ini sangat nyaman dan tidak perlu peredam tambahan agar tidak berisik.Karena ini mobil listrik, jadi saat digas akselerasinya kencang sesuai pengemudi," kata dia.

Berbicara perawatan, meski Tesla sedikit mahal saat membeli di awal tetapi biaya perawatan mobil ini relatif lebih hemat. Itu karena jenis mobil ini tidak perlu melakukan pergantian oli secara reguler atau service rutin seperti mobil konvensional lainnya.

Bahkan Tesla disebut sebagai mobil tercanggih yang ada saat ini dengan berbagai teknologi termutakhir disematkan, seperti Fitur Autopilot, Sensor Ultrasonic, delapan kamera surround, dan penggerak All Wheel Drive (4WD).



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading