Liputan Khusus

Mercedez Benz Siap Luncurkan Mobil Mewah Tenaga Listrik

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2019 06:44
Mercedez Benz Siap Luncurkan Mobil Mewah Tenaga Listrik
Jakarta, CNBC Indonesia - Tren mobil bertenaga listrik sedang menjadi topik hangat bagi masyarakat Indonesia. Selain mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM), mobil listrik juga menekan tingkat polusi udara.

Hal ini pun yang ditangkap oleh Mercedez Benz Indonesia yang segera meluncurkan mobil listrik dalam waktu dekat. Meski sudah memiliki unit ini yang tersebar di Eropa dan Asia namun di Indonesia peluncuran ini masih menanti regulasi dari pemerintah.



"Iya kita akan bawa masuk mobil listrik atau kami sebut EQ Power di tahun 2019," ujar Kariyanto Herdjosoemarto, Deputy Director Sales Operation and Network Development PT Mercedez-Benz Distribution Indonesia kepada CNBC Indonesia dalam acara Mercedez Benz Van-Tastic 2018 di Jakarta Selatan, baru-baru ini.


"Hanya saja kami sedang menanti aturan dari pemerintah mengenai skema pajak untuk kendaraan listrik atau hybrid," tambahnya.

Dia menuturkan bahwa setelah aturan keluar baru perusahaan akan menentukan tipe seperti apa yang bisa dipasarkan di Indonesia. Permintaan dari pelanggan setia pun sudah banyak diterima perusahaan.

Sebelum meluncurkan mobil listrik, Mercedes-Benz sudah lebih awal memasang stasiun pengisian daya (charging bay) di area parkir mobil P2 Plaza Indonesia.
Ini adalah strategi komprehensifnya melalui proliferasi infrastruktur pengisian daya di sejumlah lokasi strategis.

Mercedez Benz Siap Luncurkan Mobil Mewah Tenaga ListrikFoto: Mercedez Benz Van-Tastic 2018 (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Sedikitnya ada empat ruang parkir yang tersedia. Mercedes-Benz Privilege Parking with EQ Power Charging juga dilengkapi dua pengisi daya Wallbox 3.7 kW dengan koneksi Type 2.

Baik stasiun ini maupun yang akan dibangun di masa depan akan dirancang khusus untuk memungkinkan pengisian daya secara lebih cepat, aman, dan nyaman bagi kendaraan Mercedes-Benz.



"Sebelum penjualan dimulai, kami akan memastikan bahwa EQ telah dikenal dengan baik oleh calon pelanggan dan jaringan dealer di Indonesia. Power Charging pertama yang diresmikan di Jakarta ini menandai langkah penting dalam strategi kami untuk memberikan solusi bagi mobilitas bertenaga listrik di masa depan," kata dia.

Kendati demikian, untuk masalah harga, pihak Mercedez Benz masih enggan menjelaskan lebih lanjut.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading