Liputan Khusus

BMW Indonesia Luncurkan Mobil Listrik Bebas Bising

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2019 08:44
BMW Indonesia Luncurkan Mobil Listrik Bebas Bising
Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak henti-hentinya berinovasi, kali ini BMW Group Indonesia meluncurkan First-Ever BMW i8 Roadster, mobil sport bertenaga listrik yang disebut-sebut paling progresif saat ini.

BMW i8 Roadster hadir untuk kali pertama di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018).

Tidak main-main kendaraan ikonik BMW i8 Roadster ini merepresentasikan beberapa elemen inti dari merek BMW, seperti desain ikonik, teknologi visioner, sustainability, dan Sheer Driving Pleasure.


"Roadster progresif ini ditujukan untuk penggemar fanatik otomotif terutama sports car dan mereka yang tidak ragu mencoba hal baru," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia kepada siaran pers yang diterima CNBC Indonesia.


BMW i8 Roadster ini merupakan gabungan semua kelebihan dari BMW i8 dengan pengalaman berkendara dengan atap terbuka. Bahkan mobil ini memberikan sensasi bebas suara bising dan bebas emisi.

Sentuhan individual, sporty elegan, dan desain emosional memberikan perpaduan mobil yang mewah dan klasik. Atap soft-top dari BMW i8 Roadster membuat tampilan kendaraan lebih seimbang, menyatu dengan garis desain khas mobil sport.

BMW Indonesia Luncurkan Mobil Listrik Bebas BisingFoto: Bmw i8 Roadster (CNBC Indonesia/Fitriyah Said)

Saat atap dibuka, soft-top BMW i8 Roadster melipat seluruhnya ke ujung belakang kendaraan. Mekanisme unik memungkinkan soft-top terlipat dengan tegak lurus, sehingga menghemat penggunaan ruang dan ciptakan sekitar 100 liter ruang penyimpanan tambahan di belakang kursi.

Atap terbuka dan tertutup secara elektris dengan hanya dalam waktu 15 detik, pada kecepatan kendaraan maksimal 50 km/jam. Saat atap terbuka, jendela belakang naik sekitar 30 mm untuk menghalau angin dan menambah kenyamanan pengguna.

Kendaraan atap terbuka dengan dua kursi ini dilengkapi pintu frameless gullwing dengan desain terbaru. Pintu terbuat dari CFRP dengan bagian luar terbuat dari aluminium, sementara bingkai kaca depan seluruhnya terbuat dari CFRP.

BMW i8 Roadster hadir dengan teknologi BMW eDrive terbaru yang berikan pengalaman berkesan dalam penggunaan kendaraan listrik. Baterai lithium-ion terbaru terletak di bagian tengah kendaraan sehingga menambah kedinamisan kendaraan.

BMW Indonesia Luncurkan Mobil Listrik Bebas BisingFoto: Bmw i8 Roadster (CNBC Indonesia/Fitriyah Said)

Kapasitas sel baterai naik dari 20 menjadi 34 Ah dan kapasitas gross energi naik dari 7.1 menjadi 11.6 kWh (net: 9.4 kWh). Artinya motor listrik miliki lebih banyak energi untuk digunakan. Konfigurasi sel baterai tingkatkan 9 kW/12 hp pada output puncak menjadi 105 kW/143 hp, sehingga memungkinkan akselerasi yang dinamis saat menggunakan tenaga listrik murni.

BMW i8 Roadster ini dapat digerakkan dengan listrik murni dari posisi diam hingga kecepatan 105 km/jam, naik dari 70 km/jam dari BMW i8. Mesin pembakaran hanya akan digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan menekan tombol eDrive memungkinkan kendaraan berakselerasi hingga 120 km/jam dengan listrik murni, dan jarak tempuh hingga 53 km.

Mesin BMW i8 Roadster juga alami peningkatan. Mesin bensin 3-silinder BMW TwinPower Turbo mampu hasilkan output maksimum 231 hp dengan kapasitas mesin 1.5 liter dan torsi puncak 320 Nm. Suara mesin BMW i8 Roadster juga terdengar lebih sporty, lengkap dengan filter exhaust yang dipasang untuk mengurangi emisi gas buang.

Kombinasi BMW TwinPower Turbo dan teknologi BMW eDrive, ditambah manajemen energi yang cerdas, mampu hasilkan output maksimal 374 hp. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,6 detik.



Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik pada 250 km/jam. Konsumsi bahan bakar gabungan, sebagaimana yang dihitung dalam siklus pengujian Uni Eropa untuk kendaraan plug-in hybrid, adalah 47.6 km/l, ditambah 14.5 kWh energi listrik per 100 km. Sedangkan, emisi CO2 bensin adalah 46 gram/km.

Untuk memiliki mobil ini, Anda harus rela merogoh kocek dalam-dalam dan mengeluarkan dana sekitar Rp 3,9 miliar.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading