Liputan Khusus

Biaya Perawatan Rutin Mobil Listrik Ternyata Hanya Rp 100.000

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2019 13:00
Biaya Perawatan Rutin Mobil Listrik Ternyata Hanya Rp 100.000
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga mobil listrik Tesla saat ini bisa dibilang masih tinggi. Meski begitu, mobil tersebut dinilai banyak mendatangkan keuntungan dalam soal perawatan.

Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, mengungkapkan dari segi harga, mobil produksi Tesla memang terbilang mahal. Namun, hal tersebut sebanding dengan teknologi canggih yang ada dalam mobil besutan Elon Musk tersebut.

Biaya Perawatan Rutin Mobil Listrik Ternyata Hanya Rp 100.000Tesla Model S (Foto: CNBC Indonesia/Arys Aditya)

Tidak hanya itu, pengguna pun tidak perlu melakukan penggantian oli seperti mobil pada umumnya. Tentunya hal ini bisa menghemat pengeluaran bila disamakan dengan mobil mahal bernilai sama.


"Secara unit price memang lebih mahal karena teknologinya, karena secara pembuatannya mobil ini lebih membutuhkan dana. Tapi long term-nya jauh lebih hemat," kata Rudy kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

"Penggantian oli mobil biasa yang harga mobil itu Rp 2 miliaran mungkin setiap beberapa bulan Rp 10 juta biaya perawatannya dan bensinnya Rp 1 juta setiap minggu," tambahnya.


Ia menuturkan bahwa perawatan mobil Tesla hanya Rp 100.000 untuk perawatan setiap minggu. Perawatan tersebut biasanya hanya meliputi penggantian wiper atau rem bila bermasalah saja.

Untuk para pembeli mereka tentunya akan mendapatkan charging khusus. Untuk mengisi daya baterai mobil listrik hingga penuh membutuhkan waktu empat jam.

"Jadi, langsung di-charging saja karena tidak akan bocor baterainya,-bisa di charging di rumah. Setiap hari dipakai tidak masalah. Kalau baterai kosong, bisa di-charging selama empat jam dan itu full bisa mencapai [jarak tempuh] 330 km untuk tipe Tesla X," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading