Liputan Khusus

Ingin Punya Mobil Listrik Mewah? Siapkan Dulu Miliaran Rupiah

Lifestyle - Prima Wirayani & Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 January 2019 15:56
Ingin Punya Mobil Listrik Mewah? Siapkan Dulu Miliaran Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada tahun 2003, pabrikan mobil Tesla sudah menjadi salah satu perusahaan otomotif yang diperhitungkan di dunia. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang didirikan Elon Musk itu telah berhasil mengalahkan perusahaan otomotif lainnya yang baru mengembangkan mobil listrik.

Menjadi yang terdepan untuk teknologi mobil listrik, sekarang ini Tesla memiliki beberapa tipe mobil ada di pasaran, seperti Tesla Model S, Model X, dan Model 3. Untuk di Indonesia mobil Tesla bisa dibeli melalui importir Prestige Image Motorcars.



Mobil ini memang menarik untuk dimiliki karena sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil konvesional yang menggunakan bahan bakar fosil.


Sayangnya, harga mobil listrik Tesla di Indonesia dibanderol sangat mahal sehingga hanya kalangan tertentu yang bisa membelinya. Hal ini pun diakui oleh Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars.

Ia mengatakan karena harga yang tinggi, permintaan pun hanya berdasarkan by order atau sistem inden.

Ingin Punya Mobil Listrik Mewah? Siapkan Dulu Miliaran RupiahFoto: Tesla Model S (Foto: www.tesla.com)

Lantas berapakah harga mobil Tesla yang masuk ke Indonesia? Rudy pun membocorkan beberapa daftar harga unit Tesla yang dijual oleh showroom-nya. Dari beberapa Tesla yang ditawarkan, harganya berkisar mulai dari Rp 2 miliar hingga lebih dari Rp 3 miliar.

"Untuk mobil Tesla harganya berkisar dari Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar ke atas. Ini masih off the road, ya," kata Rudy Salim kepada CNBC Indonesia baru-baru ini.

Dia menuturkan bahwa spesifikasi mobil Tesla berbeda untuk setiap variannya. Kendati demikian, secara garis besar tipenya dibedakan oleh kapasitas baterai.

Ingin Punya Mobil Listrik Mewah? Siapkan Dulu Miliaran RupiahFoto: Tesla Model X (Foto: www.tesla.com)

Untuk tipe Model S mampu melaju dari 0 sampai 100km/jam dalam waktu 2.28 detik, sehingga mampu mengalahkan mobil sekelasnya yang menggunakan bahan bakar minyak. Tesla Model S tersedia dalam tipe 75D dan 85D yang masing-masingnya dibanderol sekitar Rp 2 miliar off the road.

Adapula Tesla Model S P100D yang dibanderol jauh lebih mahal. Harga mobil Tesla ini mencapai Rp 4,4 miliar off the road. Kemudian, Tesla Model X yang dibanderol dengan harga Rp 2,6 miliar off the road.



Pada Tesla Model X terdapat 12 sensor ultrasonic di sekeliling mobil. Semua sensor tersebut akan membuat mengendara Tesla Model X terhindar dari kecelakan. Mobil ini juga memiliki sistem autopilot atau bisa berjalan sendiri.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading