Filantropis Dunia Bakal Kumpul di Indonesia Pekan Depan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 November 2018 19:30
Filantropis Dunia Bakal Kumpul di Indonesia Pekan Depan
Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak lama lagi, filantropi Indonesia akan menggelar acara Filantropi  Indonesia Festival 2018 (FiFest 2018). Festival kebajikan ini adalah untuk memberi gambaran ke publik mengenai transformasi kegiatan filantropi di Indonesia dari konvensional ke digital. 

Acara yang berlangsung pada tanggal 15 - 17 November 2018 akan di selenggarakan di, Jakarta Convention Center (JCC), Cendrawasih Hall. Dalam acara tersebut akan ada  beragam metode baru dalam menyumbang dan menolong sesama, khususnya  yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital. 

"FiFest 2018 akan diselenggarakan untuk kedua kalinya dimana sebelumnya FiFest pertama diselenggarakan pada tahun 2016. Kami ingin acara dua tahunan ini menampilkan peran filantropi dalam menyumbang dan menolong sesama, khususnya  yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital," ujar Timotheus Lesmana Wanadjaja kepada CNBC Indonesia saat ditemui saat acara Press Confrence FiFest 2018 di Jakarta, Rabu (7/11/2018).



Dia menuturkan melalui festival ini masyarakat mendapatkan gambaran mengenai peran dan kontribusi lembaga-lembaga filantropi di Indonesia dalam mengatasi masalah sosial dan memajukan kepentingan umum. Festival Filantropi diikuti lembaga-lembaga filantropi nasional dan global serta delegasi filantropi dari Tiongkok, Amerika Serikat, India, Colombia dan Singapura. 

Mereka akan hadir untuk berbagi inovasi, pengalaman serta menjajaki kemitraan. FIFest 2018 rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis pagi (15/11) dan dihadiri oleh beberapa Menteri, komisi negara, pejabat serta pegiat filantropi dan nirlaba.

FIFest 2018 digelar pada momentum yang tepat di mana kegiatan filantropi di Indonesia tengah semarak dan berkembang pesat. Organisasi-organisasi filantropi berperan besar dalam membantu mengatasi persoalan sosial melalui mobilisasi dan distribusi sumber daya (dana, barang, tenaga dan keahlian).

Hal ini tergambar dari besarnya jumlah sumbangan yang digalang dan didistribusikan organisasi-organisasi filantropi bagi korban bencana Lombok dan Palu. Bersama pemerintah dan swasta, lembaga filantropi bahu membahu dalam membantu korban bencana, mulai tahap tanggap darurat sampai fase rekonstruksi. 

Ajang ini bisa menjadi ajang apresiasi bagi lembaga-lembaga filantropi atas peran dan kontribusi yang diberikan, khususnya untuk korban bencana. 

Event FIFest 2018 secara umum terdiri dari tiga kegiatan, yakni pameran dan forum-forum filantropi. Pameran filantropi akan menampilkan keragaman lembaga filantropi berikut program-programnya yang dikaitkan dengan 17 goals SDGs. Sementara kegiatan lainnya adalah forum-forum atau diskusi mengenai berbagai aspek kelembagaan dan program filantropi.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading