Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan ke-7 di Dunia

News - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
28 October 2018 14:56
Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan ke-7 di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang kaya Indonesia yang suka menyumbang sebagian harta mereka. Tak heran bila Indonesia menjadi negara paling dermawan ketujuh di dunia.

Hal tersebut terungkap dari survei yang dilakukan oleh lembaga amal berbasis di Inggris, Charities Aid Foundation (CAF). Dalam World Giving Index Report di 2018, Indonesia berada di urutan ketujuh negara paling dermawan di dunia.


World Giving Index Report mengukur dari jumlah orang yang suka menyumbang, membantu orang asing, serta donasi buat moneter. Terdapat 145.000 responden dari 140 negara. Hasilnya, Indonesia masuk 10 besar negara paling dermawan di dunia.


Pendiri situs amal Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan memang banyak orang Indonesia yang sangat peduli dengan sesama. Mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk berdonasi. Bahkan kini jumlah donasi yang telah dikumpulkan oleh Kitabisa mencapai Rp 420 miliar.

"Kini kita sudah mengumpulkan Rp 420 miliar yang berasal dari masyarakat Indonesia. Itu menjadi bukti kalau Indonesia memiliki banyak filantropis. Sekarang kita sudah ada 13.000 kampanye di kitabisa.com," ujar Alfatih dalam acara Milenial Fest di XXI Ballrom Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (28/10).

Selain Indonesia, hasil World Giving Index Report juga mengeluarkan daftar negara-negara yang paling dermawan di dunia. Myanmar menempati urutan pertama dan Amerika Serikat kedua. Urutan selanjutnya ada Australia, Sri Lanka, Kanada, Indonesia, Inggris, Irlandia, dan Uni Emirat Arab.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading