Kalahkan AS & Singapura, RI Jadi Negara Paling Royal Sedunia

News - Prima Wirayani & Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
11 January 2019 18:26
Kalahkan AS & Singapura, RI Jadi Negara Paling Royal Sedunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia menjadi pemuncak daftar CAF World Giving Index untuk kali pertama di 2018.

Indeks tersebut bertujuan memberi gambaran mengenai cakupan dan sifat memberi seluruh negara di dunia. Laporan itu menilai tiga aspek sifat memberi, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan uang untuk kegiatan amal, dan menjadi sukarelawan dalam organisasi tertentu.

Indeks ini merangkum data dari 146 negara yang dikumpulkan sepanjang tahun 2017.


[Gambas:Video CNBC]

Dalam laporan yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (11/1/2019), Indonesia berhasil menduduki posisi teratas dalam indeks tersebut dan menyingkirkan Myanmar yang turun ke posisi kesembilan. Myanmar harus tergeser setelah menjadi yang nomor satu selama empat tahun.

Sebenarnya, skor Indonesia untuk ketiga indikator tersebut tidak berubah dibandingkan setahun sebelumnya ketika menduduki peringkat kedua di bawah Myanmar. Namun, penurunan nilai negara pimpinan Aung San Suu Kyi itu membuat Indonesia merangsek ke posisi nomor wahid.

Skor mendonasikan uang Myanmar turun dari 91% ke 88%, membantu orang asing turun dari 53% ke 40%, dan waktu menjadi sukarelawan turun tajam menjadi 34% dari 51%.

Nilai membantu orang asing dan menjadi sukarelawan adalah rekor terendah yang pernah dicatatkan Myanmar sejak indeks ini dikumpulkan di 2013.

"Setelah krisis Rohingya memuncak sepanjang 2017, sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa masalah negara itu telah berkontribusi terhadap sikap warga Myanmar yang menjadi lebih enggan untuk memberi," menurut laporan itu.

Indeks memberi uang kepada orang asing terbantu oleh ajaran Budha yang dianut Myanmar yang mengharuskan warga berdonasi untuk membantu kehidupan para biksu.

Berikut adalah daftar 10 besar negara yang paling gemar memberi menurut CAF World Giving Index 2018.

1. Indonesia
2. Australia
3. Selandia Baru
4. Amerika Serikat
5. Irlandia
6. Inggris
7. Singapura
8. Kenya
9. Myanmar
10. Bahrain


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading