Saat Para Dermawan RI Berkumpul untuk Pesta Donasi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 November 2018 16:13
Saat Para Dermawan RI Berkumpul untuk Pesta Donasi
Jakarta, CNBC Indonesia- Festival kebajikan Filantropi Indonesia Festival 2018 (FIFest 2018)  resmi dibuka hari ini. Acara yang berlangsung pada 15-17 November 2018 ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Para pengunjung yang hadir dapat menemukan ragam inovasi di bidang filantropi. Serta melihat gambaran ke publik mengenai transformasi kegiatan filantropi di Indonesia dari konvensional ke digital. 




"Ya kami resmi membuka FiFest 2018 untuk kedua kalinya setelah 2016 lalu. Kami menghadirkan transformasi kegiatan filantropi di Indonesia dari masa ke masa," kata Erna Witoelar selaku Co-chair Filantropi Indonesia di acara pembukaan FIFest 2018 di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Tidak hanya itu, para pengunjung juga akan menemukan ragam inovasi di bidang filantropi yang membantu Indonesia mencapai 17 Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030. FIFest juga secara khusus menampilkan kegiatan forum dan pameran.

Menurutnya, FIFest 2018 digelar pada waktu yang tepat di mana kegiatan filantropi di Indonesia tengah semarak dan berkembang pesat. Organisasi-organisasi filantropi berperan besar dalam membantu mengatasi persoalan sosial melalui mobilisasi dan distribusi sumber daya (dana, barang, tenaga dan keahlian).

Dalam FiFest tahun ini, Anda akan melihat ragam inovasi apa saja yang hadir di dunia filantropi. Sedikitnya, ada 85-90 booth yang dihadirkan akan menawarkan berbagai cara baru untuk menunjukkan kepedulian sosial.

Apresiasi dan pengakuan terhadap tingginya tingkat kedermawanan masyarakat Indonesia juga sudah diakui dari dunia international. Baru-baru ini laporan World Giving Index yang dirilis oleh CAF (Charity Aid Foundation) menempatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia dan menduduki peringkat 1 mengalahkan Australia dan Selandia Baru di peringkat 2 dan 3. 

Untuk mempertahankan nilai sosial ini beragam cara pun dilakukan. Salah satunya yakni dengan menampilkan beragam inovasi dan metode melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Filantropi digital itu maksudnya semakin banyak instrumen yang memudahkan orang di dalam melakukan filantropi sehingga membuat orang yang masih setengah melakukan filantropi jadi lebih cepat," ujar Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia saat pembukaan FiFest 2018 di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading