5 Crazy Rich Dunia Ini Hobi Berderma dan Terus Kaya Raya

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
18 November 2018 08:56
5 Crazy Rich Dunia Ini Hobi Berderma dan Terus Kaya Raya
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak orang kaya dunia yang dikenal sebagai filantropis. Seberapa besar mereka menyumbang kekayaannya?

Perusahaan peneliti orang kaya dunia, Wealth-X, mengungkap siapa saja crazy rich yang paling dermawan. Berikut lima crazy rich paling dermawan di dunia.

1. Bill Gates
Bill Gates menjadi salah satu crazy rich dunia yang paling dermawan. Bos Microsoft ini tercatat telah menyumbangkan hartanya hingga US$27 miliar.  Indeks kedermawanannya mencapai 32%. 


Bill Gates memang senang beramal. Ia pun mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation bersama istrinya. Yayasan sosial tersebut memberikan dana untuk berbagai sektor seperti pembangunan, pertanian, perpustakaan global, kemiskinan, kesehatan, hingga pendidikan. 

5 Crazy Rich Dunia Hobi Berderma dan Terus Kaya Raya Foto: Reuters


2. Warren Buffett
CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett juga menjadi filantropis yang paling dermawan. Ia telah menyumbang US$21,5 miliar. Indeks kedermawanannya mencapai 35%. 

Orang terkaya dunia itu juga paling sering melakukan kegiatan sosial. Ia bahkan pernah berjanji menyumbangkan 85% hartanya ke Bill & Melinda Gates Foundation pada 2006. Bahkan di 2011, dia lah pelopor untuk membentuk Giving Pledge. program orang kaya menjadi filantropi dengan menyumbangkan sebagian harta mereka buat yang membutuhkan.



5 Crazy Rich Dunia Hobi Berderma dan Terus Kaya Raya Foto: CNBC


3. Azim Premji
Kali ini orang terkaya dunia asal India Azim Premji yang menjadi filantropis dunia. Ia tercatat sudah menyumbangkan kekayaan US$8 miliar. Total kedermawanannya mencapai 50%. 

Seperti Bill Gates, bos Wipro, perusahaan konsultan IT asal India itu, juga mendirikan yayasan sosial bernama Azim Premji Foundation. Yayasan sosialnya fokus pada pendidikan dan IT di India. Selain itu, Azim Premji juga mendirikan universitas nirlaba buat pelatihan guru-guru.

4. Charles Franceis Feeney
Banyak yang tak mengira kalau Charles Franceis Feeney mampu menyumbangkan hartanya melebihi apa yang dimilikinya sekarang. Total sumbangannya mencapai US$6,3 miliar seumur hidup namun jumlah hartanya saat ini jauh dari angka tersebut. Indeks kedermawannnya lebih dari 100%; 

Charles mendirikan Feeney Foundation yang menyumbang untuk pendidikan, penelitian, kesehatan, serta hak asasi manusia. 

5. Mark Zuckerberg
Bos Facebook Mark Zuckerberg menjadi pria muda yang juga dijuluki sebagai filantropi paling dermawan dunia. Ia diketahui menyumbang US$1,9 miliar untuk badan amal yang dibuatnya Chan Zuckerberg Foundation. Sebelumnya, Mark juga pernah dinobatkan sebagai crazy rich muda paling dermawan di Amerika Serikat setelah menyumbang US$990 juta pada 2014. 

5 Crazy Rich Dunia Hobi Berderma dan Terus Kaya Raya Foto: Infografis, Arie Pratama
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading