4 Hal Perlu Dilakukan Saat Salah Kelola Keuangan

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 November 2018 19:03
4 Hal Perlu Dilakukan Saat Salah Kelola Keuangan
Jakarta, CNBC Indonesia- Setiap orang tentunya sering membuat kesalahan dengan uang mereka. Meski begitu hal pertama yang perlu Anda lakukan saat membuat kesalahan pada uang Anda adalah memahami bahwa itu bukan akhir dari kata dan Anda tidak sendirian untuk masalah itu. 

Tidak dimungkiri para profesional keuangan, ahli uang, dan atau yang disebut perencanaan keuangan  sekalipun juga sering membuat kesalahan dengan uang mereka.




Begitu Anda menyadari bahwa itu terjadi pada semua orang, ada beberapa langkah lain yang harus Anda ambil dan dapat membantu Anda mengatasi musibah tersebut. Lantas apa sajakah itu, berikut trik nya dilansir dari Business Insider.


Jangan menyalahkan diri sendiri
Sebelum Anda dapat bergerak maju, Anda harus melepaskannya. Dalam beberapa kasus, mungkin ada berapa orang menunggu untuk meminta bantuan karena memiliki masalah dengan keuangan mereka.

Tetapi apa yang dilakukan sudah selesai - tidak ada gunanya menyalahkan diri Anda. Dan semakin lama Anda menunggu untuk mengatasi kesalahan atau meminta bantuan dalam memperbaiki kesalahan, semakin buruk situasi Anda.

Namun, menyalahkan diri sendiri tidak berarti melupakan kesalahan atau menyalahkan orang lain karenanya.

Bertanggung jawab
Ini sering merupakan bagian tersulit dalam menangani kesalahan uang yakni mengakui bahwa Anda sedang kacau. Akan lebih mudah untuk melepaskannya ketika Anda merasa itu bukan kesalahan Anda, tetapi alih-alih ketika memang itu salah karena Anda sebaiknya akui saja. 

Dalam hal ini, mengambil tanggung jawab berarti mengatakan, Saya membuat kesalahan. Saya tidak memiliki dana darurat. Tetapi sekarang saya akan mengambil tindakan untuk membuatnya. 

Anda mungkin menemukan bahwa mengambil tanggung jawab sebenarnya membuat Anda merasa lebih berdaya. Begitu Anda mengambil tanggung jawab, hidup bukan lagi sesuatu yang baru saja terjadi pada Anda. 

Hidup menjadi sesuatu di mana Anda memiliki kekuatan dan agensi, dan kemudian Anda memiliki posisi yang lebih baik tidak hanya untuk menghindari kesalahan di masa depan tetapi juga menjadi sukses secara finansial dengan membuat pilihan yang lebih baik.

Berkomitmen untuk membuat pilihan yang lebih baik
Jika Anda membuat kesalahan, mengakuinya, dan mengambil tanggung jawab untuk diri Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah berkomitmen untuk belajar dari apa yang terjadi dan mencegah diri Anda dari membuat kesalahan yang sama itu lagi.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk kembali ke jalur, atau mulai membuat kemajuan menuju kesuksesan finansial seperti yang Anda inginkan.

Sekali lagi, tidak ada gunanya merenungkan masa lalu. Satu-satunya hal yang penting adalah komitmen Anda untuk mengambil langkah yang tepat, sekarang juga.

Ubah komitmen Anda menjadi tindakan
Seperti yang ditulis James Clear dalam buku barunya, Atomic Habits, orang-orang mengira mereka kurang motivasi ketika mereka benar-benar kekurangan adalah sangat jelas. Tidak selalu jelas kapan dan di mana harus bertindak. 

Ini adalah tantangan utama yang Anda hadapi sekarang, karena Anda bersiap untuk beralih dari kesalahan keuangan Anda dan membuat pilihan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Anda mungkin sangat termotivasi untuk berhasil tetapi tanpa kejelasan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, atau apa yang harus Anda fokuskan, Anda dapat terus membuat kesalahan meskipun niat terbaik Anda sudah bulat. Tetapi Anda tidak perlu menyewa pakar ahli untuk membantu Anda (meskipun tergantung pada kompleksitas situasi keuangan Anda, Anda harus mempertimbangkannya).

Anda dapat membaca buku keuangan pribadi dan mengikuti podcast dari para ahli di bidangnya. Anda dapat bergabung dengan komunitas tempat Anda dalam berbagi kiat dan mendapatkan akuntabilitas dari orang lain seperti Anda yang berkomitmen untuk mencapai kesuksesan. Yang paling penting adalah Anda mengambil langkah pertama dan itu yang Anda ambil sekarang.  (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading