10 Cara Super Buat Hemat Uang Setiap Hari

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 July 2018 12:05
Ini 10 cara hemat yang ringan namun efektif untuk milenial
Jakarta, CNBC Indonesia- Meskipun Anda sudah akrab dengan beberapa taktik menghemat uang tapi ternyata ada banyak cara yang belum diketahui. Untuk menghemat uang setiap hari perlu memperhatikan beberapa cara khususnya untuk para milenial.

Bank of America, menemukan bahwa 73% dari generasi millennial (usia 23-37) mengatakan bahwa mereka menghabiskan banyak uang untuk indulgensi yang tidak perlu. Selain itu, 35% dari generasi millennial melaporkan tidak menabung cukup, sementara 17% mengatakan bahwa mereka menghabiskan lebih dari yang seharusnya.

Berikut adalah beberapa cara menghemat lebih banyak uang setiap hari menurut para ahli, dilansir dari Business Insider




1.Mengotomatiskan sejumlah kecil uang
Anda mungkin sudah membayar tagihan dan menambahkan ke tabungan melalui transfer otomatis, tetapi setelah Anda mulai mengotomatisasi jumlah yang lebih kecil, maka jumlah nya akan jauh lebih besar. 

Sebagai contoh, setelah Anda menghilangkan pembelian makan siang di tempat kerja dan menikmati kopi di kafe setiap hari, diperkirakan Anda akan menghabiskan sekitar Rp 200 ribuan perhari dengan demikian dalam seminggu Anda harus menghabiskan sekitar Rp 1 juta begitu saja demi makan siang dan kopi yang sembrono.

"Otomatiskan penghematan mingguan untuk jumlah kecil yang tidak akan Anda lewatkan, bahkan minimal $ 10 (Rp 140 ribu) atau $ 20 (Rp 280 ribu) per minggu. Jumlah kecil ini akan berkembang dengan cepat seiring waktu dan Anda akan belajar untuk hidup tanpa dana ekstra itu," ujar Andrea Woroch, ahli konsumen yang diakui secara nasional, mengatakan kepada Business Insider.

Dia juga merekomendasikan memasukkan uang ke rekening tabungan online yang menawarkan suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan di bank tradisional.

2. Buat aturan 48 jam dan hapus nomor kartu kredit yang tersimpan
Kecepatan dan kesederhanaan belanja online membuat banyak orang mudah jatuh ke dalam kebiasaan membeli pakaian dan barang-barang lainnya. Hal ini sebenarnya hanya membuat Anda menjadi pribadi yang konsumtif.

"Untuk mencegah pembelian impuls, tunggulah 48 jam setelah mengidentifikasi sesuatu yang ingin Anda beli. Ini akan memisahkan Anda tidak perlu mengeluarkan dari dana Anda," ujar Chris Whitlow, CEO perusahaan pendidikan keuangan tempat kerja Edukate.

Demikian pula, memiliki nomor kartu kredit Anda yang disimpan secara online mungkin efisien, tetapi itu juga berbahaya sejauh menyangkut pengeluaran uang. Untuk itu hapuslah informasi nomor kartu kredit yang memudahkan Anda menggunakan kartu kredit tersebut.

3. Gunakan transportasi umum atau berjalan kaki
Kendati lebih nyaman berkendara dengan milik pribadi tetapi untuk segi keuangan hal tersebut tidaklah efektif. Gunakanlah transportasi umum yang membuat Anda bisa menghemat beberapa uang Anda.

"Berhenti mengendarai mobil sendiri untuk bekerja setiap hari. Sebaliknya, gunakan transportasi umum, seperti kereta api, bus, atau kendaraan bersama, atau cobalah bersepeda atau berjalan kaki beberapa mil setiap hari. Ini akan banyak menghemat dompet dan kesehatan Anda pada saat yang bersamaan. Awas ada banyak biaya asing yang terlibat dengan memiliki mobil, dari asuransi hingga biaya parkir," ujar Andrei Vasilescu, CEO dari platform hemat uang, DontPayFull.

4.Gunakan aplikasi perencanaan keuangan
"Gunakan aplikasi perencanaan keuangan karena mereka menyediakan cara yang hampir tanpa usaha untuk menghemat uang setiap hari. Mereka dapat terhubung langsung dengan akun Anda untuk melacak pengeluaran dan memperingatkan Anda setiap hari," kata Matt Reiner, CFA, CFP, dan CEO dan salah satu pendiri Wela.

5. Ubah bank
"Tolak membayar biaya bank. Ada bank yang tidak memerlukan saldo minimum dan memiliki fasilitas seperti tidak ada biaya bulanan, tidak ada biaya ATM jika Anda menggunakan ATM di luar jaringan, mengembalikan biaya ATM di luar jaringan Anda, dan tidak ada biaya transaksi asing. Saya memiliki seorang klien yang menghemat $ 50 sebulan dari beralih bank," Jennifer Beeston, VP dari Mortgage Lending at Guaranteed Rate Mortgage.

6.Pergi melalui biaya berulang dan hilangkan yang terlupakan
Byron Ellis, seorang perencana keuangan United Capital Financial Life Management dan pendiri Doing Money Right menyarankan untuk rajin memeriksa laporan kartu kredit Anda dari enam bulan terakhir.

"Ambil kertas atau buat spreadsheet dan buat daftar biaya berulang yang mungkin bisa Anda potong. Serta semua daftar pengeluaran tinggi yang mungkin bisa Anda kurangi," kata dia.

7.Catat setiap pengeluaran
Melihat ke mana pun uang Anda pergi setiap hari dapat membuat Anda sadar akan pembelian yang tidak perlu yang mungkin Anda buat. Ditambah lagi bila Anda memotong pembelian ekstra harian dapat membantu Anda menyisihkan lebih banyak uang untuk masa depan.

Salah satu contoh dari pembelian yang tidak perlu adalah memesan air atau soda versus minuman beralkohol ketika Anda keluar. Finder.com baru saja menyelesaikan studi yang menunjukkan 64% pria dewasa memiliki setidaknya satu minuman beralkohol seminggu, sementara 52% wanita dewasa memiliki setidaknya satu juga. 

"Mengalihkan minuman itu ke air akan menjamin lebih banyak uang di kantong Anda," kata McDermott.

8.Berbagi biaya kirim atau makan dengan teman
Kemungkinannya, beberapa teman Anda memiliki selera toko yang sama dengan Anda. Jadi ketika berbelanja Anda bisa membagi biaya pengiriman bersama-sama.

"Saat berbelanja online, berkoordinasi dengan teman-teman Anda yang mungkin memesan dari situs yang sama. Ini memungkinkan Anda memiliki pesanan yang lebih besar, yang mungkin berarti pengiriman gratis, atau setidaknya, Anda dapat membagi biaya pengiriman," kata Janine Rogan, CPA dan pengajar keuangan.

Selain berbicara tentang pembagian biaya, cobalah juga berbagi makanan ketika Anda pergi keluar makan bersama teman-teman. 
"Jika porsinya besar, pisahkan hidangan Anda dan hidangan penutup sesudahnya," kata penasihat keuangan, Thomas Scuccimarra.

9.Paket makan dengan bahan yang tumpang tindih
Apakah Anda merasa bersalah karena membiarkan terlalu banyak belanjaan Anda sia-sia sebelum Anda sempat memakannya? Jika iya, mungkin Anda harus mengurangi pembelian makanan yang berlebihan dan meramu bahan-bahan tersebut menjadi makanan yang lezat.

"Sementara perencanaan makan untuk seminggu dapat membantu Anda menghilangkan pembelian bahan makanan yang berlebihan, cara terbaik untuk mengatasi limbah makanan yang sudah kadaluarsa adalah dengan mencari resep yang menggunakan bahan yang tumpang tindih," kata Woroch. 

10.Cabut gadget Anda
Woroch merekomendasikan  cabutlah barang elektronik dan peralatan lainnya seperti TV, laptop, pembuat kopi, dan kotak kabel. Cara ini ampuh menghemat untuk biaya listrik Anda.

"Mereka terus menyedot energi bahkan ketika dimatikan. Ini menambah tagihan energi Anda bila tidak dicabut. Power strip memudahkan untuk mematikan beberapa elektronik sekaligus," katanya.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading