5 Investasi Ini Bikin Anda Kaya Selagi Muda

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 July 2018 12:29
5 Investasi Ini Bikin Anda Kaya Selagi Muda
Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk menjadi miliuner banyak orang berpikir harus mengumpulkan banyak banyak uang. Padahal pendapat itu tak sepenuhnya benar karena ada cara lain yang membuat Anda bisa sukses di usia muda.

Ini pula yang diakui investor muda yang kian sukses diusia 35 tahun yakni Chris Reining. Menurutnya untuk menjadi sukses Anda harus hidup di bawah kemampuan Anda sehingga Anda dapat menabung dan kemudian menginvestasikan simpanan tersebut.

"Saya butuh waktu lama untuk menyadari bahwa hanya ada begitu banyak biaya yang dapat Anda potong, jadi mengapa tidak fokus untuk mendapatkan lebih banyak. Apa yang bisa Anda buat hampir tidak terbatas. Sukses bukan hanya tentang berinvestasi dalam hal-hal seperti saham atau real estat, ini tentang berinvestasi dalam diri Anda," kata dia.


Reining pun membagikan beberapa  macam investasi yang membantu Anda menjadi seorang jutawan di usia muda. Berikut adalah paparannya dilansir CNBC Make It, Senin (23/7/2018).


Dapatkan mentor
Kesalahan karir terbesar bagi hidup Reining  adalah tidak memiliki seorang mentor. Secara naif dia mengira bahwa semakin keras Anda bekerja, maka semakin cepat Anda mendaki. 

Sebenarnya, kunci untuk maju adalah menunjukkan nilai Anda dan seorang mentor mampu membantu Anda melakukan itu. Anda bisa mengambil contoh dari seseorang yang memiliki karir cemerlang sebagai inspirasi Anda. 

Seseorang yang berprestasi dan memiliki posisi atau bakat yang Anda inginkan bisa Anda tanyakan kepada mereka. Dan ketika Anda bertemu dengan mereka, pastikan Anda membawa daftar pertanyaan, masalah, atau topik yang ingin Anda bahas. 

Secara singkat beri tahu mereka apa yang baru saja Anda capai serta kemunduran atau tantangan apa yang Anda hadapi dan pendekatan apa yang mungkin Anda ambil untuk menyelesaikannya.

"Saya tidak akan berada di tempat saya hari ini tanpa menjangkau orang-orang yang saya kagumi dan meminta mereka untuk membantu," kata dia.

Kelilingi diri Anda dengan orang yang tepat
Rata-rata  Anda menghabiskan banyak waktu bersama teman-teman. Namun jika Anda tidak dikelilingi diri Anda dengan orang-orang cerdas dan ambisius, inilah waktunya untuk mengubahnya.

Reining pun memiliki definisi hidup  yakni mengkoordinasikan pengetahuan dan upaya, dalam semangat harmoni, antara dua atau lebih orang, untuk pencapaian tujuan yang pasti.

Untuk mengatakan itu dengan cara lain, Anda bisa mencari sekelompok orang yang berpikiran maju dan bertemu secara teratur untuk saling mendukung, bertukar pikiran dan berbagi keahlian.

Kumpulkan talenta
Warren Buffett ditanya apa yang menurutnya hal investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Maka dia berkata pun berkata berinvestasi dalam diri Anda adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. 

Apa pun yang meningkatkan bakat Anda sendiri tidak ada yang bisa mengenakan pajak atau mengambilnya dari Anda. Mereka dapat mengalami defisit besar dan  bisa menjadi jauh lebih murah. 

Anda dapat memiliki segala macam hal terjadi. Tetapi jika Anda memiliki bakat sendiri, dan Anda telah memaksimalkan bakat Anda, Anda memiliki aset luar biasa yang dapat menghasilkan sepuluh kali lipat. 

Apa yang dia katakan adalah terus menambah bakat Anda. Dapatkan keterampilan yang lebih baik seperti berbicara di depan umum, menulis, desain, persuasi, teknologi, kuasai bahasa kedua. 

Hal ini pun juga dapat membuat Anda menjadi seorang arsitek  yang memiliki kemampuan menjadi pembicara dan penulis publik yang hebat, atau pelatih pribadi dengan penguasaan psikologi dan persuasi.


Merampingkan keputusan
Anda bisa merampingkan keputusan dengan baik agar tidak membuang waktu. Kedengarannya mungkin sepele, tapi ini mengubah hidup  Anda jauh lebih berharga. 

Seperti kata Scott Adams yang berkata bahwa yang kalah memiliki tujuan, pemenang memiliki sistem. Dan sistem dapat diterapkan di seluruh kehidupan Anda. Misalnya, Anda dapat memiliki jumlah uang tertentu, misalnya $ 100, secara otomatis dialihkan ke beberapa investasi sederhana sebelum gajian dan menyentuh rekening bank Anda.

Dengan cara ini Anda  dapat menghabiskan apa yang tersisa setelah berinvestasi, daripada menginvestasikan apa yang tersisa setelah belanja.

Berkomitmen untuk menjadi pembelajar seumur hidup
Seseorang di Quora pernah bertanya bagaimana menjadi orang seperti Steve Jobs, Elon Musk, Richard Branson. Justine Musk, mantan istri Elon pun, menulis dengan jawaban  luar biasa seperti mereka lebih cenderung langsung  belajar dari buku.

Sementara berselancar di internet dianggap sebuah jebakan yang mematikan, karena Anda dapat mengingat apa yang mereka ketahui dan membuang waktu bernilai yang dimiliki. Secara teknis ini tidak akan layak karena mereka tidak mampu membeli waktu itu kembali. 

"Saya membayangkan waktu saya bernilai $ 350 per jam dan bertanya pada diri sendiri, Apa yang bernilai $ 350? Konsumsi media? Tidak. Menonton TV? Tidak. Membaca, belajar, belajar adalah jawabannya," kata dia. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading