Lukisan Picasso Milik Rockefeller Dijual Rp 1,6 T

Entrepreneur - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
09 May 2018 14:12
Lukisan Picasso Milik Rockefeller Dijual Rp 1,6 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Lukisan langka Picasso milik keluarga Rockefellers dijual seharga US$115 juta atau setara dengan Rp 1,6 triliun, sudah termasuk biaya, pada Selasa (8/5/2018) malam.

Terjualnya lukisan ini menunjukkan pasar seni yang terus menguat dan nama besar Rockefeller yang abadi, dilansir dari CNBC Internasional.

Karya dari Henri Matisse dan Claude Monet juga dijual dengan harga yang mencengangkan dalam malam lelang Christie's yang menampilkan Karya Seni Abad Ke-19 dan 20, Koleksi David dan Peggy Rockefeller.


Lelang tersebut adalah yang terbesar dalam rangkaian penjualan koleksi Rockefeller selama seminggu penuh, dan diprediksi sebagai yang paling besar untuk ukuran koleksi tunggal. Christie's mengestimasi keseluruhan koleksi akan meraup dana $500 juta atau lebih.

Karya Picasso berjudul "Young Girl with a Flower Basket" adalah bintang dari koleksi itu dan diprediksi akan terjual $100 juta atau lebih. Lukisan itu dibuat tahun 1905 dari Periode Mawar Pablo Picasso yang langka dan kuat. Selama puluhan tahun, para kolektor telah mendambakan lukisan yang digantung di rumah David Rockefeller di Manhattan.

Lukisan itu dijual langsung oleh Picasso ke Gertrude Stein, seorang penulis dan bohemian kenamaan yang tinggal di Paris pada awal tahun 1900-an dan menjadi kawan berbagai pelukis dan penulis terkenal. Rockefeller membeli karya itu dari Stein di tahun 1968.
Meskipun begitu, penjualan lukisan itu bukanlah rekor bagi Picasso karena sebelumnya, karya penuh warna miliknya yang berjudul "Les Femmes d'Alger" dijual seharga $179,5 juta pada tahun 2015.

Sebuah lukisan karya Henri Matisse bernama "Odalisque couchee aux magnolias" terjual $80,75 juta. Sebelumnya, lukisan itu diperkirakan akan terjual $70 juta. Penjualan ini pun mencetak rekor baru untuk Matisse karena harga tertinggi yang pernah diraih untuk karyanya adalah $48,8 juta.

Sementara itu, salah satu lukisan bunga teratai karya Monet terjual $84,7 juta, melampaui prediksi sebelumnya yaitu $50 juta.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading