Mulia dan Beda, Ini Resolusi Tahun Baru Bill Gates di 2019

Entrepreneur - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
04 January 2019 - 12:18
Mulia dan Beda, Ini Resolusi Tahun Baru Bill Gates di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Meski sudah kaya raya dan tajir melintir, Bill Gates ternyata masih menyusun resolusi setiap tahun untuk hidup yang lebih baik. 

Alih-alih resolusi, Bill Gates lebih suka menyebut tujuannya di tahun ini sebagai daftar tentang hal yang ingin ia lakukan dan yang ingin ia perbaiki.

"Saya bukan orang yang punya resolusi tahun baru, tapi saya selalu berkomitmen untuk menyusun tujuan yang jelas dan rencana-rencana untuk mencapainya," ujar Bill Gates sebagaimana ditulis di blog pribadinya dan dikutip CNBC Make It, Kamis (4/1/2019).


Dan semakin bertambah umurnya, kata dia, tujuan-tujuan ini seperti latihan yang sering ia lakukan setiap tahun untuk hidup lebih baik. 


"Saya selalu percaya inovasi bisa menyelamatkan dan mengembangkan hidup setiap makhluk hidup atau orang di dunia ini,"Bill Gates


Dalam setahun ini, Gates ingin mendalami bagaimana teknologi bisa membawa dampak ke dua kunci kehidupan, terutama area yang sering jadi pertanyaan dari sisi sosial dan etika. Salah satu kuncinya adalah bagaimana mencari titik imbang dari sebuah inovasi ke privasi penggunanya, termasuk di wilayah pendidikan dan kesehatan.

Misal ia ingin mencari tahu sekolah mana yang kurang mampu dan bisa dibantu tenaga pengajarnya atau bagaimana menyediakan dokter yang terjangkau di daerah. Gates ingin menggali data sebanyak-banyaknya untuk itu, namun di sisi lain juga ingin memproteksi privasi orang-orang yang terlibat.

Gates sangat tertarik dengan memanfaatkan teknologi di sektor pendidikan, meski banyak yang skeptis namun ia tetap optimistis teknologi bisa dikembangkan untuk mendorong pendidikan.

Dalam catatan blognya, Gates merefleksikan kejadian 2018 di mana sejumlah perkembangan yang ada semula diharapkan bisa mengatasi beberapa masalah, berkembang sangat lambat. Ia semula berpikir bahwa dunia sudah bisa bebas dari polio misalnya, tapi di 2018 kasus polio justru meningkat.



Gates berjanji akan memaparkan resolusi pribadinya lebih lanjut dalam beberapa pekan ke depan, ia tetap yakin teknologi bisa membantu mengembangkan kehidupan manusia.

"Saya selalu percaya inovasi bisa menyelamatkan dan mengembangkan hidup setiap makhluk hidup atau orang di dunia ini," tulisnya. "Banyak orang yang ragu tentang seberapa besar inovasi bisa membuat hidup lebih baik."

Mulia dan Beda, Ini Resolusi Tahun Baru Bill Gates di 2019!Foto: Infografis/Crazy Rich Dermawan/Arie Pratama
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading