Bangun Microsoft, Bill Gates Puasa Nonton TV & Musik 5 Tahun

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 December 2018 15:14
Bangun Microsoft, Bill Gates Puasa Nonton TV & Musik 5 Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak hal yang dilakukan Bill Gates di usia 20 tahunan. Setelah meninggalkan Harvard, ia membangun perusahaan software dengan teman sekolahnya, Paul Allen. Kemudian melahirkan Microsoft, yang kini jadi raksasa software dunia.

Dalam blog nya, Gates Notes, dia mengaku bahwa dalam membangun bisnisnya itu, setidaknya selama lima tahun ia tidak mendengarkan musik dan menonton TV.




"Kedengarannya ekstrem, tetapi saya melakukannya karena saya pikir itu hanya akan mengalihkan perhatian saya dari memikirkan tentang perangkat lunak," kata Gates.

Strateginya sepertinya berhasil. Pada bulan November 1976, ketika Gates yang baru berusia 21 tahun itu bersama Allen mendaftarkan nama perusahaan mereka "Microsoft" di New Mexico. Tiga tahun kemudian, perusahaan itu meninggalkan New Mexico dan membangun kantor pusatnya di luar Seattle, di mana Microsoft tumbuh dari perusahaan yang biasa menjadi global sekarang ini.

Bukan rahasia lagi bahwa mengurangi hiburan dapat meningkatkan produktivitas. Sebagai pendidik dan wirausahawan Zdravko Cvijetic mengatakan kepada CNBC Make It, bahwa jika Anda ingin menjadi lebih sukses, batasilah media sosial dan televisi dan itu adalah awal yang bagus.

"Berselancar di internet secara impulsif dan menonton tv adalah penyakit masyarakat saat ini. Kecuali jika tujuan Anda bergantung pada keduanya, Anda harus meminimalkan (atau bahkan menghilangkan) ketergantungan Anda, dan mengarahkan waktu itu ke hal-hal yang dapat memperkaya hidup Anda," kata Cvijetic.

Meski begitu menurut Cvijetic, Anda tidak harus berhenti mencari hiburan sama sekali untuk menjadi sukses. Bahkan Gates, yang tetap menjadi CEO Microsoft hingga tahun 2000 dan sekarang membantu menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation, sekarang menyediakan waktu untuk menikmati Netflix. 

"Periode berhenti menikmati  hiburan itu hanya berlangsung sekitar lima tahun, dan belakangan ini saya penggemar berat acara TV seperti Narcos dan mendengarkan banyak U2, Willie Nelson, dan The Beatles," kata Gates dalam blognya.

Bangun Microsoft, Bill Gates Puasa Nonton TV & Musik 5 TahunFoto: infografis/Rekam Jejak Kekayaan Bill Gates Bersama Microsoft/Aristya Rahadian Krisabella
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading