Diam-diam, Jack Ma Ternyata Pernah Benci Bill Gates

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
21 November 2018 11:05
Diam-diam, Jack Ma Ternyata Pernah Benci Bill Gates
Jakarta, CNBC Indonesia- Tak sedikit entrepreneur yang mengidolakan Bill Gates. Namun ternyata tidak dengan Jack Ma yang pernah membenci Bill Gates karena bisa sukses mendirikan Microsoft.

Dilansir dari CNBC internasional, pendiri Alibaba itu mengatakan pernah merasa frustasi ketika masih muda dan membenci Bill Gates yang bsia membangun Microsoft. Ia mengatakan kalau Microsoft mengambil semua peluang bisnis yang ada.




"Ketika aku muda, aku benci Bill Gates karena aku pikir Microsoft telah mengambil semua peluang. IBM, Oracle, mereka mengambil semuanya," cerita Jack Ma.

Chairman Eksekutif Alibaba Group itu juga menuturkan, pertama ia memulai Alibaba pada 1999. Kala itu ia merasa kalau harga untuk bisa menggunakan teknologi sangat tinggi sehingga membuatnya sulit memulai.

Saat itu, ia baru menyadari kalau ini bukan karena Bill Gates maupun tokoh besar lainnya. Namun ia sendiri yang menghalangi peluang dengan menggunakan alasan umum yang biasa menjadi penghambat calon pengusaha.

"Kebanyakan orang terus mengeluh. Tapi jika kamu bisa menyelesaikan keluhan ini, menyelesaikan masalah, maka itu adalah peluang," kata Jack Ma lagi.

Jika Jack Ma bisa membuat teknologi sederhana maka modal akan lebih murah. Ketika teknologi tersebut bisa digunakan oleh Alibaba maka akan ada jutaan usaha kecil yang bisa berkembang.

"Biaya menggunakan IT terlalu mahal bagi kami jadi kamu harus berinovasi. Kami harus merancang teknologi yang cukup sederhana. Itu saja, kami dipaksa," tambahnya.

Memang sebagian besar inovasi terjadi karena dipaksa bukan keinginan seseorang. Setelah sadar akan hal itu dua dekade lalu, ia kemudian mulai memperluas networking hingga menjalin kerjasama dengan Bill Gates. 

Diam-diam, Jack Ma Ternyata Pernah Benci Bill Gates Foto: Infografis/Crazy Rich China/Arie Pratama



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading