10 Buku yang Direkomendasikan Miliuner & Selebritis Dunia

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
25 November 2018 14:07
10 Buku yang Direkomendasikan Miliuner & Selebritis Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Buku bisa menjadi hadiah liburan yang bagus dan jika Anda mencari ide buku apa yang bisa dihadiahkan, pertimbangkan daftar buku yang direkomendasikan oleh para pemimpin top, pencipta tren, jutawan, dan miliarder dunia berikut ini.

Buku-buku yang semuanya direkomendasikan atau dipuji tahun ini oleh nama-nama besar seperti Bill Gates, Oprah Winfrey dan Reese Witherspoon, mencakup seluruh genre, mulai dari fiksi hingga sejarah. Melansir CNBC Make It, berikut daftar buku-buku tersebut:


1. Untuk penggemar sains dan sejarah
Judul: "Energy and Civilization: A History"
Penulis: Vaclav Smil
Direkomendasikan oleh: Bill Gates


Bahasan: Dalam buku Vaclav Smil, penulis dan profesor ini melihat sejarah dunia tidak melalui perputaran nama raja dan ratu tetapi melalui bagaimana manusia sudah memanfaatkan energi dari hari-hari manusia tinggal dalam gua hingga memiliki kemajuan budaya dan sosial yang modern. Analisis ini mencakup masyarakat mencari makan di masa pra-pertanian melalui peradaban berbasis bahan bakar fosil saat ini.

Mengapa Bill Gates menganggap buku itu hebat: Gates mengatakan buku Smil membuatnya merasa lebih optimis tentang seberapa cepat energi bersih generasi mendatang akan tercapai, "dari bahan bakar cair karbon alami hingga perbaikan yang mengubah permainan dalam pembangkitan, penyimpanan, dan transmisi energi."

Gates mengatakan dia menunggu buku-buku baru dari Vaclav Smil "seperti halnya orang-orang menunggu film baru 'Star Wars'." Dia juga memuji kemampuan Smil untuk menangkap gambar besar serta detail sejarah yang paling luar biasa.


2. Bagi mereka yang mencari inspirasi
Judul: "The Sun Does Shine: How I Found Life and Freedom on Death Row"
Penulis: Anthony Ray Hinton
Direkomendasikan oleh: Oprah Winfrey

Bahasan: Pada usia 29 tahun, Anthony Ray Hinton ditangkap dan didakwa dengan dua dakwaan pembunuhan di Alabama. Memoarnya menceritakan kisah tentang bagaimana ia difitnah dan dibebaskan dari hukuman mati setelah 30 tahun.

Mengapa Oprah Winfrey menganggap buku itu hebat: Winfrey mengatakan "kisah ini dibaca seperti novel epik." Dia menambahkan, "sepanjang buku itu coba bayangkan diri Anda dituduh secara keliru dan dijerumuskan ke dalam sel seluas 5 kali 7 selama 30 tahun," kata Winfrey. Hinton "adalah pendongeng yang luar biasa dan ketika Anda membaca [buku ini], Anda akan tersapu ke kisah nyata dramatis yang luar biasa ini."


3. Bagi pemimpin dan feminis
Judul: "That's What She Said"
Pengarang: Joanne Lipman
Direkomendasikan oleh: Mark Cuban

Bahasan: Dalam buku "That's What She Said", mantan kepala editor USA Today Joanne Lipman menangani norma-norma gender di tempat kerja dan menawarkan solusi pada masalah kesenjangan gender. Menggunakan anekdot dari berbagai flubs korporat, studi terbaru, dan cerita dari pengalamannya sendiri, Lipman menawarkan peta jalan untuk memberdayakan perempuan.

Mengapa Mark Cuban berpikir buku itu bagus: Sebagai pemimpin bisnis, Cuban mengatakan buku itu memberikan "wawasan luar biasa" yang dapat membantu siapa pun mengenali masalah tempat kerja, tantangan komunikasi, dan solusi yang memungkinkan.

"Salah satu yang paling penting yang saya ambil dari buku itu adalah belajar bahwa memperlakukan semua orang sama tidak berarti memperlakukan semua orang sama," kata Cuban dalam wawancara Barron. "Setiap orang memiliki kualitas unik yang dapat menguntungkan perusahaan dengan cara yang tidak sepenuhnya saya pertimbangkan. Buku ini membantu saya. Ini juga akan membantu Anda."


4. Untuk para overachiever
Judul: "Super Mind"
Penulis: Norman Rosenthal
Direkomendasikan oleh: Ray Dalio

Bahasan: Penelitian psikiater Norman Rosenthal mengeksplorasi bagaimana orang dapat melakukan sesuatu pada puncak bakat melalui praktek harian Meditasi Transendental, meningkatkan kemampuan fisik, emosional dan intelektual.

Mengapa Ray Dalio menganggap buku itu hebat: Sebagai milyarder dan pendiri dari Bridgewater Associates, Dalio telah menemukan perlindungan dalam meditasi. Selain ditampilkan dalam buku, Dalio telah bermeditasi hampir setiap hari sejak tahun 1969 dan mengatakan Meditasi Transendental telah "membantunya merasa seperti seorang ninja di tengah-tengah pertempuran."

"Ini memberi Anda ketenangan, keagungan, ketenangan, sehingga Anda dapat dengan susah payah menangani hal-hal dengan cara yang lebih baik tanpa dibajak secara emosional," katanya kepada CNBC Make It awal tahun ini. Meditasi "sangat kuat," katanya. "Ini memberi saya keseimbangan yang sangat membantu saya."


5. Untuk pecinta roman
Judul: "Next Year in Havana"
Penulis: Chanel Cleeton
Direkomendasikan oleh: Reese Witherspoon

Bahasan: Novel roman bersejarah ini menceritakan tentang Marisol, seorang wanita Kuba-Amerika, yang melakukan perjalanan dari Miami ke Kuba untuk mengunjungi negara asal neneknya. Ketika dia melakukannya, dia menemukan rahasia keluarga yang telah disimpan selama hampir enam dekade.

Mengapa Reese Witherspoon menganggap buku itu hebat: Dia memilih "Next Year in Havana" sebagai musim panas yang dibacakan untuk klub bukunya yang merayakan kisah perempuan. Di Instagram, dia memuji buku itu, menambahkan, "Aku tidak pernah bisa menahan romansa yang baik."

"Ini adalah novel indah yang penuh hasrat terlarang, rahasia keluarga dan banyak keberanian dan pengorbanan," tulis Witherspoon di Instagram. "Pada akhirnya, ini semua tentang cinta."


6. Untuk pembuat perubahan
Judul: "New Power"
Penulis: Jeremy Heimans dan Henry Timms
Direkomendasikan oleh: Richard Branson

Bahasan: Para penulis melihat kekuatan-kekuatan yang membentuk abad ke-21 yang terkoneksi dan bagaimana hal itu memengaruhi politik, bisnis, dan masyarakat.

Mengapa Richard Branson menganggap buku itu luar biasa: Miliarder pendiri Virgin Group ini menyarankan buku itu untuk mereka yang "ingin memahami bagaimana dunia berubah, apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana kita semua bisa menemukan jalan kita." Dia mengatakan, "buku ini datang pada waktu yang terbaik."


7. Untuk penyair
Judul: "Milk and Honey"
Penulis: Rupi Kuar
Direkomendasikan oleh: Emma Watson

Bahasan: Buku ini, yang aslinya diterbitkan sendiri, telah terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Koleksi puisi dan prosanya menggambarkan kelangsungan hidup, kekerasan, pelecehan, cinta dan kehilangan.

Mengapa Emma Watson menganggap buku itu hebat: Sebagai bagian dari pekerjaannya dengan Wanita PBB, aktris ini merekomendasikan buku Kuar di klub buku feminisnya "Our Shared Shelf" karena topik "berani" yang diangkat penulisnya.

"Tidak seperti puisi yang sering saya habiskan berminggu-minggu, puisi Rupi tidak dirancang untuk mengaburkan makna atau menghadirkan terlalu banyak ambiguitas, mereka memukul Anda seperti pukulan langsung ke perut," tulis Watson. "Berbagi, kepemimpinan, dan perwakilannya begitu dermawan dan berani."

"Saya akan selamanya bersyukur bahwa dia mengambil mata pelajarannya, bahwa sebagai seorang wanita, saya masih membawa malu, dan membuat mereka menjadi seni. Ini membawa saya selangkah lebih maju dan memberi saya bahasa baru." Tambah Watson.


8. Untuk pencinta fiksi
Judul: "She Would Be King"
Penulis: Wayetu Moore
Direkomendasikan oleh: Sarah Jessica Parker

Bahasan: "She Would Be King"menggunakan sejarah dan realisme magis untuk menata kembali kisah tentang negara Afrika Barat, Liberia, pada tahun-tahun awalnya. Tiga karakter utamanya memiliki karunia dan kekuatan khusus yang digunakan untuk mengatasi ketegangan antara pemukim Amerika Afrika dan suku pribumi di negara tersebut.

Mengapa Sarah Jessica Parker menganggap buku itu hebat: Setelah memilihnya untuk Book Club Central musim gugur ini, Parker mengatakan "novel itu memukau dengan keindahan dan transenden, kemanusiaan transformatif."

Penulis "menerangkan apa artinya menjadi bagian dan berasal dari tempat-tempat yang terasa jauh dan sekaligus dekat," tulis Parker. "Dia membawaku pergi dari kekacauan dunia kita dan sulit untuk meninggalkannya. Jadi aku menawarkan camilan yang sangat spesial untuk teman-teman kutu bukuku."


9. Untuk para mogul dan filsuf
Judul: "Atlas Shrugged"
Pengarang: Ayn Rand
Dipuji oleh: Kevin O'Leary

Bahasan: Buku fiksi ini berlatar di Amerika Serikat di mana bisnis swasta berada di bawah serangan pemerintah. Baik pahlawan maupun penjahat dalam "Atlas Shrugged" adalah pengusaha dan cerita ini mempertanyakan apakah dasar-dasar kapitalisme pada dasarnya baik atau jahat.

Mengapa Kevin O'Leary menganggap buku itu hebat: "Atlas Shrugged" adalah salah satu buku yang dikatakan oleh pengusaha dan bintang "Shark Tank" itu sebagai buku yang paling memengaruhi kesuksesannya. Awal tahun ini, dia mengatakan kepada New York Times buku itu membantunya menyadari "bahwa dalam kapitalisme, apakah Anda percaya pada konsep intrinsik tentang mengejar kekayaan dan mengapa itu baik untuk Anda, atau Anda tidak percaya. Saya tidak pernah mempertanyakannya."

"Saya bahkan tidak pernah berpikir sedetik pun bahwa itu bukan jalan yang benar," lanjutnya. "Bagi saya ada kegelapan dan cahaya. Kapitalisme adalah cahaya. Sosialisme adalah kegelapan. Tidak ada yang bisa mengubah pikiran saya tentang itu."


10. Untuk teman yang mencari ketenangan
Judul: "The Power of Now"
Pengarang: Eckhart Tolle
Direkomendasikan oleh: Huda Kattan

Bahasan: Buku laris yang sudah lama ini menceritakan kisah kebangkitan oleh guru spiritual Eckhart Tolle, menghasilkan sebuah buku yang dilaporkan telah membantu jutaan orang menemukan kedamaian dan kepuasan dalam hidup mereka.

MengapaHudaKattan menganggapnya hebat: "The Power ofNow" mengajarkanKattan, pendiri bisnis kecantikan seharga miliaran dolar,HudaBeauty, bukan hanya bagaimana cara untuk terlibat tetapi juga menghargai keheningan. "Kadang-kadang, kami begitu sibuk, kami melakukan begitu banyak sehingga kami tidak menyadari lingkungan dan keindahan yang sebenarnya di sekitar kita dan keindahan yang ada di dalam kita," kataKattan kepadaCNBC Make It. "[Buku] itu membuat saya ingin mundur selangkah, melihat semuanya apa adanya dan untuk membungkam pikiran saya."
 
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading